Tips Managemen Komputer

Aplikasi Komputer Manajemen adalah sebuah utilitas yang terdapat pada Windows XP yang memberi Anda akses ke tugas-tugas administrasi. Anda dapat mengatur account pengguna, mengkonfigurasi hard drive dan sistem kontrol penting. Manajemen Komputer dapat ditemukan dalam folder Administrative Tools dari Control Panel. Anda harus login ke komputer Anda dengan account administrator untuk menggunakan Manajemen Komputer.

Untuk masuk ke menu managemen komputer anda klik kanan My Computer Xp, atau Computer untuk Vista dan windows 7 kemudian klik manage. atau klik Start, kemudian klik Control Panel. klik Performance and Maintenance, lalu Administrative Tools, dan double-click Computer Management.

Dalam Computer Management terdapat tiga menu utama antara lain :

* System Tools
* Storage
* Services and Applications

System Tools

Dalam system tools ini terdapat beberapa menu antara lain :

1. Event Viewer
Gunakan alat Event Viewer untuk mengelola dan melihat peristiwa yang direkam dalam Aplikasi, Keamanan, dan Sistem log. Anda dapat memonitor log untuk melacak aktivitas keamanan dan untuk mengidentifikasi perangkat lunak, hardware, dan masalah sistem.

2. Shared Folders
Gunakan alat Shared Folder untuk melihat koneksi dan sumber daya yang digunakan pada komputer. Anda dapat membuat, melihat, dan mengelola saham, melihat file terbuka dan sesi, dan menutup file dan sambungan sesi.

3. Local Users and Groups
Gunakan Pengguna Lokal dan alat Grup untuk membuat dan mengelola account pengguna lokal dan grup. Pengguna dan Grup Lokal hanya tersedia di Windows XP Professional.

4. Performance Logs and Alerts
Gunakan alat Log Kinerja dan Alarm untuk mengkonfigurasi kinerja log dan alert untuk memantau dan mengumpulkan data tentang kinerja komputer Anda.

5. Device Manager
Gunakan Device Manager untuk melihat perangkat hardware terpasang di komputer Anda, update driver perangkat, memodifikasi pengaturan perangkat keras, dan atasi masalah konflik perangkat.

Storage

Dalam menu Storage ini terdapat beberapa menu antara lain :

1. Removable Storage
Gunakan alat untuk melacak Removable Storage media penyimpanan yang dapat dilepas dan mengelola perpustakaan, atau sistem penyimpanan data, yang terdata pada komputer.

2. Disk Defragmenter
Gunakan alat Disk Defragmenter untuk menganalisa dan mendefragment volume pada harddisk anda.

3. Disk Management
Gunakan alat Manajemen Disk untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan disk seperti mengkonversi disk atau menciptakan dan format volume. Manajemen Disk membantu Anda mengelola hard disk Anda, dan partisi atau volume yang terdapat pada komputer.

Services and Applications

Pada menu ini terdapat beberapa pilihan menu seperti :

1. Services
Gunakan Layanan untuk mengelola layanan pada komputer lokal dan remote. Anda dapat memulai, menghentikan, jeda, melanjutkan, atau menonaktifkan layanan.

2. WMI Control
Gunakan WMI Control untuk mengkonfigurasi dan mengelola Windows Management Instrumentation (WMI) layanan.

3. Indexing Service
Gunakan Indexing Service untuk mengelola layanan Pengindeksan, dan untuk membuat dan mengkonfigurasi katalog tambahan untuk menyimpan informasi indeks.

CATATAN: Set aktual peralatan dan layanan yang tercantum dalam Manajemen Komputer tergantung pada layanan yang diinstal pada komputer host.

Mengelola Pengguna

Pada saat Anda membuka Manajemen Komputer, Anda akan melihat fungsi menu di sisi kiri windows. Untuk mengelola account pengguna, membuka “Local Users and Groups” Folder dan pilih “User” . Daftar pengguna berfungsi untuk mengatur semua account di komputer Anda yang akan ditampilkan di sisi kanan jendela.

1. Untuk membuat account user baru dengan mengklik kanan di mana saja di jendela dengan mengklik “New User”. Kemudian masukkan nama pengguna dan pasword yang diinginkan lalu klik “OK” untuk menambahkan account ke daftar pengguna.
2. Jika Anda ingin menghapus account pengguna, klik kanan pada nama user, pilih “Delete” dan mengkonfirmasi keputusan Anda di kotak dialog.
3. Jika pengguna pada komputer Anda lupa pasword acountnya, Anda bisa klik kanan pada nama pengguna sesuai dalam Manajemen Komputer dan memilih “Set Password”. Lalu klik Process masukkan password baru kemudian masukkan pasword baru tadi untuk konfirmasi kemudian klik Ok untuk untuk menyimpan perubahan.

Konfigurasi Drive dan Partisi

Folder Manajemen Disk di jendela Manajemen Komputer memberikan Anda kemampuan untuk mengendalikan hard drive yang terhubung ke komputer Anda. Bila Anda klik pada Menu Disk Management, daftar dari semua volume hard-drive dan partisi yang terdaftar pada komputer Anda akan ditampilkan.

1. Jika salah satu drive tidak muncul di jendela My Computer, Anda bisa klik kanan di sini dan pilih “Assign Drive Letters or Paths.” Pilih huruf yang tidak digunakan untuk menetapkan ke drive, dan Windows akan mengenali partisi tersebut pada waktu berikutnya ketika Anda membuka My Computer.
2. Jika Anda ingin menghapus semua data dari hard drive tertentu atau partisi, Anda bisa klik kanan pada item tersebut dan pilih “Format”.
3. Ketika Anda klik kanan pada volume dan pilih “Properties,” jendela akan terbuka yang berisi informasi tentang drive.
4. Bila partisi yang bukan merupakan bootable disk anda klik kanan, dan pilih menu “Delete Partition” atau “Delete Logical Partition” maka partisi tersebut akan di hapus.
5. Dan Anda dapat membuat partisi Baru pada partisi yang telah di hapus tadi, menjadi dua partisi atau lebih, lalu memformat partisi tersebut.

Mengelola Layanan

Di bagian bawah jendela Manajemen Komputer, Anda akan melihat Menu dengan nama “Service and Aplication.” bila anda klik menu tersebut maka akan tampil menu Service, pada menu service akan tampil daftar panjang semua layanan sistem yang terinstal pada komputer Anda. Anda harus mensetting fungsi ini sesuai dengan keinginan anda dan jika program di komputer Anda tidak bekerja dengan baik dan bila Anda telah kehabisan metode lain pemecahan masalah. Gulir ke bawah untuk aplikasi atau layanan yang tidak berfungsi dengan benar dan melakukan :

1. Klik 2 kali pada pilihan layanan
2. Klik menu dropdown “Startup Type” untuk memilih “Automatic”, “Manual” atau “Disable”
3. Kemudian pilih “Start” untuk menjalankan layanan
4. Pilih “Staop” Untuk menghentikan layanan
5. Lalu klik Ok.


No Response to "Tips Managemen Komputer"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi