Spesifikasi Hardware Komputer




  1. Spesifikasi Motherboard

Ketika memilih computer PC, perhatikan spesifikasi mobo-nya karena setiap mobo memiliki spesifikasi berbeda. Perbedaan spesifikasi tersebut dikarenakan hal-hal berikut.

  1. Dukungan prosesornya berdasarkan jenis socket atau slot.
  • Prosesor Pentium menggunakan slot 1, slot 2, socket 7, socket 8, socket 370, socket 423, socket 473, dan socket 478 (disesuaikan dengan tipe prosesor Pentium yang digunakan)
  • Prosesor AMD menggunakan slot A, socket 7, socket A, socket 462, socket 740, dan socket 754 (disesuaikan dengan tipe Prosesor AMD yang digunakan).
  1. Kemampuan mobo dalam hal kecepatan dan kapasitas cache memory, seperti mobo dengan internal cache memory kapasitas 512 Kb, 1 Mb, 2Mb, dan seterusnya.
  2. Kemampuan mobo untuk dapat di-upgrade, seperti tipe prosesor, kapasitas memori, dan power supply.
  3. Jumlah slot-slot yang tersedia untuk slot memory, PCI atau ISA, dan AGP atau VGA.
  4. Dukungan VGA card, audio card sudah on board atau tidak.
  5. Dukungan mobo dalam setting BIOS atau jumper.


  6. Penggunaan Motherboard

Sesuai masa 'evolusi generasi prosesor', penggunaan perangkat motherboard dapat dikategorikan berdasarkan jenis prosesor dan slot, atau socket yang ada didalamnya.

  • Slot-1 : untuk prosesor P-III dan Celeron
  • Slot-2 : untuk prosesor P-II Xeon
  • Slot-A : untuk prosesor AMD Athlon dan AMD Thunderbird
  • Socket-A : untuk prosesor AMD Athlon dan Duron
  • Socket 7 : untuk prosesor AMD K-6, Cyrix, dan Pentium MMX
  • Socket 8 : untuk prosesor Pentium II dan Pro
  • Socket 370 : untuk prosesor Pentium III
  • Socket 423 : untuk prosesor Pentium IV
  • Socket 473 : untuk prosesor Pentium IV
  • Socket 478 : untuk prosesor Pentium IV Prescott
  • Socket 462 : untuk prosesor AMD Athlon Xp
  • Socket 740 : untuk prosesor AMD Athlon 64
  • Socket 754 : untuk prosesor AMD Athlon 64 FX

Motherboard (mobo) adalah tempat untuk meletakkan chips dan komponen lainnya. Mobo merupakan jalur penghubung antara chip dengan tempat slot lainnya (expansion slot).

Berdasarkan penggunaan prosesornya, mobo dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Mobo dengan Dual Prosesor
  • Mobo dengan Intel Prosesor
  • Mobo dengan AMD Prosesor

Pada tahun 2004, tercipta motherboard dengan socket LGA 775 untuk prosesor produksi Intel yang tidak mempunyai pin atau kaki pada prosesornya. Namun, pin atau kaki tersebut sudah tertanam pada socket yang ada pada motherboard. Selain itu, telah dilengkapi dengan prosesor baru, yaitu Prescott – EE (Extreme Edition) serta dukungan chipset terbaru, yaitu Intel 915P/G (Grantsdale) dan Intel 925X (Alderwood) sebagai north bridge, sedangkan chipset ICH6 sebagai south bridge-nya.

  1. Perangkat Motherboard


  1. Socket CPU
  2. Chip north bridge controller. Pada bagian atasnya diberi alat pendingin head sink.
  3. CPU fan power supply.
  4. DIMM socket.
  5. ATX power connector dengan 20 pin.
  6. Interface IDE 1
  7. Interface IDE 2
  8. Chipset

  9. Baterai BIOS


  10. Slot PCI

  11. Slot VGA
  12. Konektor Power


Bagian-Bagian Penting Mainboard

Dalam sebuah mainboard terdapat bagian-bagian yang perlu diketahui apabila kita hendak merakit sebuah komputer, diantara sekian banyak bagian tersebut ada beberapa yang memegang peranan penting antara lain :

  1. Soket Dudukan Prosesor
    Pastikan bahwa mainboard yang kita beli support dengan prosesor yang kita inginkan. Contoh soket dudukan prosesor terlihat pada gambar di bawah ini.


  2. Slot Memori RAM
    Karena jenis dan tipe RAM yang berbeda-beda, perhatikan pula tipe slot memori RAM yang ada pada mainboard. Contoh gambarnya adalah sebagai berikut.


  3. Port Paralel/Serial ATA
    Ini berfungsi untuk menghubungkan Hard Disk atau CD/DVD Drive dengan mainboard. Paralel dan Serial adalah jenis interface dari hard disk ato cd/dvd drive tersebut.

    MONITOR

    Monitor merupakan peralatan output yang berfungsi menampilkan hasil proses yang dilakukan komputer, yaitu berupa gambar atau teks dengan pola warna-warna yang di tampilkan pada suatu layar. Terdapat dua jenis komputer: Jenis CRT (chatode ray tube) Merupakan jenis yang paling dikenal. Bentuknya klasik dan tebal karena menggunakan tabung seperti pesawat TV biasa. Monitor jenis LCD (liquid crystal display) Monitor jenis ini bentuknya tipis dan tidak menggunakan tabung sehingga menghemat tempat.


    A. Klasifikasi monitor

    Teknologi monitor berkembang sangat cepat, mulai dari warna layarnya sampai bentuk dan ukurannya. Berdasarkan bentuk tampilannya, monitor dibedakan menjadi 2 jenis. Alphanumeric display, untuk menampilkan teks (huruf, angka dan karakter khusus). Graphic display, untuk menampilkan grafik atau gsmbar. Berdasarkan warnanya, monitor dibedakan sebagai berikut. Monochrome display, menggunakan warna tunggal, seoerti warna hijau atau orange. Color display, menggunakan sinar elektron yang terpisah dengan kombinasi warna, seperti warna merah, hijau dan biru.


    B. Monitor Cathode Ray Tube (CRT)

    Monitor dengan tabung kaca yang menggunakan CRT (cathode ray tube) mengalami perkembangan, dari monitor bentuk cembung menjadi monitor dengan teknologi FST (flatter square tube), yaitu teknologi tabung dengan bentuk lebih persegi dan datar. Berdasarkan video adapternya, monitor CRT dibedakan menjadi 4 jenis seperti berikut.

    1. MDA (MONOCHOME DISPLAY ADAPTER)

    Monitor dengan tampilan teks dan satu jenis warna, seperti merah, hijau, atau biru. Terdapat dua type. i.Tipe TTL dengan resolusi 720 x 350 pixel. ii.Tipe CGA dengan resolusi 640 x 200 pixel Setiap karakter mempunyai kerapatan 7 x9 titik untuk tipe TTL.


    2. CGA (COLOR GRAPHICS ADAPTER)

    Monitor berwarna yang pertama kali diproduksi oleh IBM tahun 1981. Sudah mengenal teks dan grafik dan memiliki 16 warna. Resolusi grafik 320 x 200 pixel. Setiap karakter mempunyai kerapatan pixel 7 x9 titik.


    3. EGA (ENHANCED GRAPHICS ADAPTER)

    Monitor berwarna, diproduksi tahun 1981, bersamaan dengan keluarnya IBM PC AT. Memiliki 46 warna. Resolusi grafik 640 x 340 pixel. Setiap karakter mempunyai kerapatan pixel 7 x 9 titik.


    4. VGA (MONITOR GRAPHICS ARRAY)

    Monitor berwarna,diproduksi oleh IBM tahun 1986 bersamaan dengan IBM PS/2. Memiliki 256 warna. Resolusi 720 x 400 pixel. Setiap karakter mempunyai kerapatan 9 x 16 titik.
    C. Teknologi Layar Datar

    Teknologi layar CRT datar dikenal dengan teknologi FST (flatter square tube), terdiri dari dua tipe yang bentuk keduanya 'serupa tapi tak sama'. Jenis lain teknologi layar CRT datar adalah kombinasi dari monitor tradisional CRT cembung dengan teknologi shadow mask, yang menghasilkan layar datar dengan gambar yang tajam. Ada fasilitas tambahan untuk mendukung kinerja monitor CRT datar tersebut. Di antaranya, fasilitas light frame untuk menciptakan sejumlah window cerah pada tampilan monitor, software untuk penyelaras warna-warna yang bisa dilihat di layar dengan hasil print out-nya, fasilitas konektor D-SUB yang menghubungkan graphics card, dan konektor BNC untuk menghasilkan kualitas gambar.



    D. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

    Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan jenis layar datar TFT (thin film transistor), sebagai evoplusi teknologi yang pertama kali dalam tampilan alternatif. Sebenarnya , komposisi utama pembentuk LCD adalah liquid crystal (LC) dan ditemukan pada tahun 1988 oleh ahli tanaman dari Austria bernama Friedrich Reinetzer. Namun, istilah LC baru diperkenalkan oleh ahli fisika Jerman bernama Otto Lehmann pada akhir ke-19.

    LC (liquid crystal) bersumber dari unsure zat padat dan cair dalam satu massa. Pada umumnya, yang digunakan sekarang berasal dari bahan polymer yang terdapat pada pasir pantai. Namun, setiap produsen LCD memiliki kombinasi produk sendiri dengan segala kerahasiaan proses pembuatannya. Jadi, ada perbedaan kualitas dan kinerja dalam satu jenis LCD. Selain itu, pemakai LCD sebaiknya menggunakan konektor DVI (digital video interface) daripada konektor VGA karena mempengaruhi kualitas LCD.


    CARA KERJA MONITOR LCD

    Pada prinsipnya, LCD bekerja dengan menyamakan orientasi cahaya dan itensitasnya dengan bantuan tenaga listrik. Konsepnya, bekerja dengan penggerakan dan polarisasi cahaya melalui gelombang cahaya yang secara alami memiliki sudut orientasi berbeda-beda. Lapisan polarisasi pertama dibuat secara khusus untuk mengeliminasi sinar yang berorientasi tidak parallel dengan lapisan polarisasi tersebut. Lapisan polarisasi ke dua berfungsi sebagai saringan cahaya jika terjadi abnormalisasi di dalam proses orientasi cahaya pada lapisan polarisasi pertama ataupun pada lapisan pengarah.

    Walaupun LCD memiliki kualitas transmissive, yaitu dapat meneruskan cahaya, tetepi cahaya di sini hanya digunakan untuk mengaktifkan pixel secara individual. Pixel itu sendiri membutuhkan cahaya murni agar memiliki cahaya kontras sehingga dapat di lihat.

    LC di dalam LCD bekerja seperti senjata dalam hal pengaturan intesitas cahaya. Gradiasi warna dihasilkan melalui pengaturan cahaya saat menyinari pixel yang berisi warna-warna. Oleh karena itu, diperlukan pengatur elektronik untuk dapat mengatur pengaktifan pixel. Secara fisik, layer LCD dihasilkan dari kombinasi penggerakan aktif pixel-pixel ke dalam suatu tempat agar dapat menampilkan gambar.

    APA PERBEDAAN JENIS HARDDISK IDE, SATA DAN SCSI ?

ATA (IDE)

AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghubungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer. ATA singkatan dari Advance Technology Attachment. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA juga memiliki beberapa nama lain, seperti IDE dan ATAPI. Karena diperkenalkannya versi terbaru dari ATA yang bernama Serial ATA, versi ATA ini kemudian dinamai Parallel ATA (PATA) untuk membedakannya dengan versi Serial ATA yang baru.Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal hanya 18 inchi (46 cm) walaupun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Karena jaraknya pendek, PATA hanya cocok digunakan di dalam komputer saja. PATA sangat murah dan lazim ditemui di komputer.


Nama standar ini awalnya adalah PC/AT Attachment. Fitur utamanya adalah bisa mengakomodasi koneksi langsung ke ISA BUS 16-bit sehingga dinamai AT Bus. Nama ini kemudian disingkat menjadi AT Attachment untuk mengatasi masalah hak cipta.

#.SATA

SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total.Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana.

Antarmuka SATA generasi pertama dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1. SATA 1 berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 GB/s. Kecepatan transfer uncoded-nya adalah1,2 GB/s. SATA/150 memiliki kecepatan yang hampir sama dengan PATA/133, namun versi terbaru SATA memiliki banyak kelebihan (misalnya native command queuing) yang menyebabkannya memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di lingkungan multitask.

Di awal periode SATA/150, para pembuat adapter dan drive menggunakan bridge chip untuk mengonversi desain yang ada dengan antarmuka PATA. Peranti bridge memiliki konektor SATA dan memiliki beberapa konektor daya. Secara perlahan-lahan, produk bridge mengakomodasi native SATA. Saat ini kecepatan SATA adalah 3GB/sdan para ahli sekarang sedang mendesain teknologi untuk SATA 6GB/s.

Beberapa fitur SATA adalah:

SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA. SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.


Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.

Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel Parallel ATA. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 di antaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.

#.SCSI

SCSI (Small Computer System Interface) dibaca "skasi" adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah,protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.
Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive.Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik(DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa diterapkan
di semua tipe hardware.

Berdasarkan tingkat kecepatan putarannya, hard disk jenis IDE memiliki kecepatan putaran 5.400 rpm dan 7.200 rpm. Sedangkan hard disk SCSI mampu berputar antara 10.000 s.d. 12.000 rpm. Tingkat kecepatan putaran piringan hard disk diukur dalam satuan RPM (rotation per minute/putaran per menit). Semakin cepat putaran hard disk, maka jumlah data yang dapat dibaca oleh head semakin banyak. Demikian pula sebaliknya.

PRINTER

Printer adalah output device berupa piranti keras (hardware) yang mencetak teks atau grafik pada kertas adan media cetak lainnya yang memungkinkan. Saat ini terdapat berbagai macam printer.

Berdasar teknologi yang digunakan, printer dapat dikelasifikasikan sebagai berikut :

  1. Daisy-wheel: serupa dengan mesin ketik yang menngunakan plastik atau metal (seperti palu) yang merupakan cetakan setiap huruf yang akan mencetak huruf dengan menekan semacam pita. Printer jenis itu hanya dapat mencetak huruf dan tidak grafik.




  1. Dot-matrix: printer ini mencetak karakter dengan menekankan pin pada pita tinta. Setiap pin menghasilkan titik, dan kombinasi titik-titik ini membentuk karakter atau ilustrasi.




  1. Ink-jet: printer ini memancarkan tinta pada lembaran kertas. Printer jenis ini dapat menghasilkan teks dan grafik dengan kualitas tinggi.





  1. Laser: printer ini menggunakan teknologi yang sama dengan mesin fotokopi. Printer ini dapat menghasilkan teks dan grafik dengan kualitas yang sangat tinggi.





  1. LCD & LED: printer ini serupa dengan printer laser, tetapi menggunakan kristal cair (liquid crystals) atau dioda yang memancarkan sinar (light-emitting diodes).






  1. Line printer: printer ini terdiri rantai karakter atau pin yang mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. Printer ini sangat cepat tetapi dengan kualitas yang rendah.





  1. Thermal printer: printer ini menggunakan pin yang dipanaskan yang menekan kertas yang sensitif dengan panas. Printer ini banyak digunakan pada kalkulator dan mesin faks.





Printer dapat juga diklasifikasikan berdasar karakteristik berikut.

  1. Kualitas cetakan yaitu keluaran atau cetakan yang dihasilkan oleh printer.
  2. Kecepatan cetak yang diukur dengan karakter per detik atau halaman per menit.
  3. Impact atau non-impact yang berkaitan dengan sistem kerja printer. Printer dengan teknologi daisy-wheel, dot-matrix, dan line printer adalah printer impact, sedangkan printer dengan teknologi laser dan ink-jet adalah printer non-impact. Perbedaan penting kedua jenis printer ini adalah pada kegaduhannya. Printer impact lebih gaduh daripada printer non-impact.
  4. Kemampuan cetak yang terkait dengan teks dan grafik. Sebagian printer hanya dapat mencetak teks dan yang lainnya dapat mencetak teks dan grafik.

Font atau jenis huruf yang dapat dicetak. Sebagai contoh, printer dot-matrix hanya dapat mencetak beberapa font. Sebaliknya, printer laser dan ink-jet printers mampu mencetak font yang hampir tidak terbatas.

FLOPPY DISK DRIVE

Sistem floppy disk drive memiliki dua elemen terpisah yakni floppy diskete dan disk drive. Data disimpan dalam disket yang mudah dibawa. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke disk drive.

Disk drive memiliki dua head tulis baca, satu untuk tiap sisi disket. Disk diputar pada drive dengan kecepatan 300 atai 600 rpm. Head bergerak secara tangensial ke lokasi track data untuk membaca/menulis data.

Jenis floppy disk drive terdiri dari:

  • 3 1/2 inch, 1,44 MB drive
  • 3 1/2 inch, 2,88 MB drive

Central Processing Unit / Processor

• Definisi Prosesor

Merupakan bagian utama dari computer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz ( Mega Hertz ) atau GHz ( 1000 MegaHertz ), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada computer. Processor dapat kita analogikan sebagai otak dari computer. Hardware ini berfungsi untuk melakukan segala macam proses dalam system computer. Sehingga processor sangat menentukan kecepatan dan performa system computer.

• Cara kerja Prosesor

Dalam kenyataan di dalam system computer kita tidak dapat melihat secara kasat mata bagaimana cara kerja prosesor. Namun pada saat computer bekerja, prosesor sebenarnya melakukan pemrosesan aritmatika dan pengendalian operasi computer secara keseluruhan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh user.

• Karakteristik Prosesor

Terdapat 2 karakteristik prosesor yang berpengaruh langsung terhadap kemampuannya untuk membentuk suatu pekerjaan secara tepat, yaitu :



Processor Speed

Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Kecepatan prosesor telah berkembang secara mengejutkan sejak pertama kali IBM memperkenalkan computer mikro mereka yang pertama. Moore's Law, yang berasal dari nama Gordon Moore, yaitu salah seorang penemu Intel pada tahun 1960-an, menyatakan bahwa densitas suatu Integrated Circuits (IC) dalam chip silicon akan berlipat setiap tahun. Kecepatan microcomputer diukur dengan jumlah putaran yang terjadi per detik. Setiap cycle adalah kesempatan untuk suatu aksi misalnya penjumlahan 2 buah bilangan atau membandingkan dua karakter. Kecepatan PC kelas tinggi, workstation dan mainframe diukur dengan MIPS ( million instruction per second ). Kecepatan supercomputer diukur dengan FLOPS (floating point operations per second) dan GFLOPS (1GFLOP=1 billion FLOPS)

Word Size

Processor pertama disebut mesin 8-bit karena setiap 8 bit data membentuk ukuran setiap kata. DAlam computer, 1 bit adalah sebagai nilai tunggal dari 0 atau 1. Word (kata) adalah suatu besaran berapa banyak bit dapat dipindahkan dalam setiap cycle. String yang terdiri dari 8 bits sekaligus membentuk 1 byte. 1 byte adalah jumlah bit yang cukup untuk menyatakan satu karakter. Dibutuhkan satu cycle processor untuk memindahkan satu kata (1 wors) data. Komputer mikro dengan prosesor chip Pentium III memiliki 32 bit word dan kadangkala disebut dengan mesin 32-bit. Microprocessor saat ini yang mempunyai kecepatan 150 kali dari model sebelumnya sebenarnya dapat 600 kali lebih powerful karena dapat memuat data 4 kali lebih banyak dalam setiap cycle-nya.

• Intel Microprocessor

Sistem board untuk computer IBM-PC, IBM PC/XT dan sebagian besar IBM-PC compatible yang diproduksi sebelum1984 menggunakan microprocessor chip Intel 8088. Intel 8088 lebih lambat dari Intel 8086 yang dikembangkan pada tahun 1979. Tahun 1984 diperkenalkan microprocessor Intel 80286 yang enam kali lebih cepat dari 8088. Kelanjutan berikutnya adalah Intel 80386 dan 80486 yang memberi kecepatan lebih besar pada computer micro. Generasi terbaru microprocessor adalah keluarga Pentium. Chips pentium dirancang untuk mengakomodasi aplikasi multimedia yang melibatkan sound dan motion video.

• Processor Clock

Dalam prosessor terdapat dua bagian penting yaitu Control Unit atau sering juga disebut CPU, dan Arithmetic Logic Unit (ALU). Kecepatan Prosessor dilihat dari clock CPU-nya (Control Unit-nya). Misal sebuah prosessor memilikiu kecepatan 350 MHz berarti prosessor tersebut dapat melayani 350 x 106 instruksi per detik. Peningkatan performa dengan menaikkan nilai clock CPU disebut overclocking.

• Intel Processor

Intel adalah sebuah vendor besar dalam dunia chipset dan prosessor. Perusahaan ini telah memproduksi puluhan kelas prosessor dan chipset. Yang sering kita dengar adalah prosessor kelas Pentium 1-4 dan Celeron. Dengan revolusi teknologi dari sejak socket 7, 478, dan 775. dari sejak single core sampai Core 2 Quad.

• AMD Processor

AMD juga merupakan salah satu produsen besar prosessor saingan Intel. Vendor ini juga telah memproduksi puluhan kelas prosessor dari sejak AMD K-5 hingga K-8 (socket 754-939-AM2). Dari sejak single core sampai Quad Core.

Memory

• Definisi memory

Memory menurut arti katanya berarti tempat penyimpanan. Digunakan untuk menyimpan informasi/data baik sementara ataupun permanen. Ukuran memory didasarkan pada kapasitas penyimpanannya yang bersatuan Byte. Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip computer.

• Main Memory Storage (Penyimpan Memori Utama)

Data computer digunakan ketika computer membawa instruksi. Software yang menjalankannya ditangani di dalam memory utama (main memory). Main memory pada sistem komputer adalah tempat penyimpanan informasi yang akan diproses pdaa prosessor. Karakteristiknya : berkapasitas kecil, aksess rate yang tinggi dan acak, serta sifat penyimpanannya vollatile (dapat menyimpan hanya jika komputer sedang beroperasi, jika komputer dimatikan maka informasi dalam main memory tersebut hilang).
Memory ini berada di CPU dan dibagi menjadi Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM).

ROM

ROM merupakan tipe memori yang diklasifikasi sebagai non volatile. Maksudnya ROM menangani data secara permanent walaupun computer dipadamkan. ROM tidak dapat ditulis melainkan hanya membaca data. ROM difungsikan sebagai penyimpan program yang dibutuhkan untuk mengoperasikan computer seperti program boot dan program BIOS.

RAM

RAM merupakan tipe memori yang diklasifikasikan sebagai volatile. Macam main memory dalam komputer desktop adalah RAM (Random Acces Memory). Tipe-tipe Ram yaitu EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM. Dalam RAM, terdapat beberapa chip memory yang digunakan sebagai storagenya. Kapasitas RAM hingga kini telah mencapai 2Gb per keping memorynya. Maksudnya data akan hilang jika computer dimatikan. RAM adalah sebagai penyimpan sementara untuk program dan data yang sedang digunakan pada computer. Jenis-jenis RAM yang beredar di pasaran antara lain :

o SRAM ( Static Random Access Memory )

Jarang digunakan karena sangat mahal dan memakan tempat.

o DRAM ( Dynamic Random Access Memory )

Berkembang dengan tipe yang berbeda-beda.

o EDODRAM ( Extended Data Out Dynamic Random Access Memory )

Pernah banyak digunakan tetapi sekarang sudah tidak lagi.

o SDRAM ( Static Dynamic Random Access Memory )

Masih banyak digunakan dan tersedia di pasaran.

o RDRAM ( RD Random Access Memory )

Sistem Suara ( Sound System )

o Soundcard

Soundcard adalah perangkat pengubah isyarat menjadi signal suara pada -tipe souncard ada yang memiliki interface ISA (pada zaman komputer lawas), PCI (hingga sekarang masih banyak digunakan), dan onboard (terintegrasi pada mainboard). Kebanyakan produsen mainboard masa kini telah menyertakan souncard yang handal dalam produk mainboardnya.
o Speaker

Speaker merupakan perangkat untuk mengubah signal suara input menjadi suara yang sesungguhnya. Saat ini banyak sekali tipe speaker. Untuk masalah pemilihan tergantung selera kita.

• Power Supply

? PSA

PSA (Power Supply Attachement) merupakan nyawa dari sebuah komputer. Tanpa PSA, komputer tidak akan bisa menyala. Zaman dahulu power supply dibedakan menjadi 2 macam, yaitu AT dan ATX. Perbedaannya adalah masalah power management dan slot- powernya yang jauh berbeda. Zaman sekarang, pembedaan power supply bukan lagi karena perbedaan power managementnya namun masih banyaknya keluaran mainboard yang masih menggunakan interface 20 pin power, sementara untuk komputer baru telah banyak menggunakan interface 24 pin.


? UPS

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat tambahan yang dapat menyimpan daya listrik selama beberapa menit, sehingga pada saat listrik mati maka komputer masih tetap dapat menyala selama beberapa menit untuk kita mematikan komputer dan menyimpan pekerjaan kita.

? Stabilizer

Stabillizer adalah perangkat untuk menstabilkan tegangan input sehingga didapatkan tegangan yang rata (tidak naik turun).

• VGA

? Pengertian VGA (Video Graphics A)

Perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.
? Memory pada VGA

Memory pada VGA dapat bekerja karena memiliki memory internal ataupun dedicated khusus untuk tampilan. Ukuran memory VGA hampir sama dengan main memory. Tetap dalam satuan byte. Kebanyakan VGA masa kini telah memiliki kapasitas dan clock yang tinggi.
? Integrated VGA

Salah satu tipe VGA adalah VGA yang telah terintegrasi di dalam mainboard. Ini biasa disebut dengan VGA on board. Biasanya VGA onboard menggunakan memory utama / RAM untuk menjalankan fungsinya sebagai Graphic Adapter. Namun beberapa tipe mainboard telah menyediakan memory khusus yang terintegrasi pula di sebuah bagian pada mainboard, sehingga sistem tidak perlu membagi kapasitas memory utama untuk dipakai oleh VGA.
? AGP

AGP merupakan interface VGA beberapa waktu yang lalu namun sampai sekarang masih sering digunakan pada beberapa tipe mainboard karena masih banyaknya pemakai VGA tipe AGP yang masih sayang untuk beralih ke PCI Express. Kecepatan port AGP pun beragam dari 1x, 2x, 4x, dan 8x.

? PCI Express

PCI Express merupakan interface VGA masa kini. Dengan design yang berbeda, PCI Express menawarkan kecepatan VGA yang relativ jauh lebih cepat dibandingkan VGA dengan interface AGP. Kemampuan PCI Express mencapai 16x.
? Perangkat Tambahan

• Network Adapter

? LAN Card
Lan Card / ethernet merupakan perangkat komputer untuk dapat berkomunikasi / berinteraksi melalui jaringan / kabel.
? WiFi
WiFi adalah perangkat jaringan tanpa kabel /wireless.
? Modem
Modem (Modulator-demodulator) adalah perangkat adapter jaringan yang menghubungkan sebuah jaringan lokal/sinlge komputer terhadap telefon, sehingga dapat digunakan untuk koneksi internet.
? Bluetooth
Sebuah perangkat wireless yang berfungsi untuk bertukar data / untuk membuat jaringan lokal secara wireless alternatif.

No Response to "Spesifikasi Hardware Komputer"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi