Intel VS AMD


Central processing unit, lebih dikenal sebagai CPU atau prosesor, adalah bagian penting dari setiap sistem komputasi. Memang, bila ditanya komputer maka pertanyaannya adalah apa prosesor yang anda pakai. prosesor adalah unit yang membaca dan mengeksekusi setiap instruksi program. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan jenis processor yang anda butuhkan sebelum membeli komputer baru atau laptop.

Ada beberapa kriteria orang membeli komputer, antara lain :

1. Kecepatan akses komputer
2. Daya Tahan Komputer
3. Untuk bermain Game
4. Untuk Online Internet
5. Untuk Disain Grafis
6. Atau sekedar Operasional Office

Saat ini sejumlah besar merek menawarkan banyak prosesor yang baik,dan terjadi persaingan antara AMD vs Intel, sejauh ini, dengan asumsi proporsi raksasa dalam hal perbandingan fitur pengolahan, perbedaan harga dan pangsa pasar! Jadi, yang lebih baik – AMD atau Intel? Mari kita lihat perbandingan amd vs intel prosesor 2010 dan memutuskan untuk diri kita sendiri!

Meskipun Intel mendominasi pasar yang tinggi, tapi prosesor teknologi seperti seri i Core, AMD tidak ketinggalan dan menempati mind share yang cukup besar karena prosesor ini kinerjanya tinggi pada kisaran harga yang ekonomis. Mari kita lihat berbagai merek dari AMD vs prosesor Intel untuk mengetahui apa yang ditawarkan produk tersebut dan bagaimana masing-masing mereka bisa berada pada kelas yang lebih tinggi dari jenis prosesor lainnya.

Processor AMD

AMD menawarkan tiga kualitas prosesor – high end, menengah dan dasar. Ada tiga prosesor dalam setiap kategori.

Kategori high end terdiri dari AMD Phenom II X6, AMD Phenom X4 II dan AMD Phenom X2 II. Phenom II X6 adalah yang pertama AMD dengan enam inti prosesor dimaksudkan untuk mengoptimalkan tingkat kinerja yang sangat tinggi. Phenom X4 II dilengkapi dengan quad-core Phenom II X6 chip dan chip ini secara khusus dirancang untuk multimedia kualitas yang sangat luar biasa digunakan untuk aplikasi canggih. Phenom X2 II adalah 2 inti prosesor kapasitas yang menjamin kualitas kinerja keseluruhan baik dengan harga yang sangat ekonomis.

Kategori Menengah terdiri dari AMD Phenom X3 II, AMD Turion II dan AMD Turion Ultra II. X3 Phenom II adalah urutan kelas 3 inti prosesor dengan kemampuan komputasi 64-bit, yang dirancang untuk memberikan kinerja yang optimal dengan harga ekonomi. Kedua Turions dirancang untuk output multimedia yang sangat baik dan mereka sebagian besar dibuat dengan AMD atau grafis ATI, tentu saja, dengan harga yang sangat ekonomis.

Prosesor AMD dasar adalah AMD Sempron, AMD Athlon dan AMD Athlon Neo Neo X2. Dianggap terbaik untuk komputasi mobile, AMD Sempron adalah pilihan populer untuk desktop dan laptop dengan anggaran yang rendah. prosesor ini sesuai untuk kebutuhan komputasi yang sangat dasar seperti browsing internet, fungsi dasar kantor dan e-mail. Athlon dan Athlon X2 Neo Neo dibuat dengan kekuatan pemrosesan yang lebih rendah dan kekuatan ekonomi konsumen dan sebagian besar terdapat di netbook dan nettop. Karena yang terintegrasi dengan grafis ATI, prosesor ini juga menawarkan output dasar yang layak untuk multimedia.

Processor Intel

Tidak mau kalah oleh AMD, Intel merupakan lawan tangguh untuk prosesor AMD. Sama dengan AMD, Intel juga menawarkan tiga kisaran prosesor – high end, pertengahan dan dasar – dengan kategori pertama terdiri dari tiga dan sisanya terdiri dari dua produk.

High end prosesor Intel terdiri dari seri terbaru i Core – Intel Core I3, i5, dan i7. Core i5 dan Core i7 diciptakan dengan 2, 4 atau 6 (hanya tersedia untuk Core i7) kapasitas dan prosesor 64-bit. Kedua datang dengan Hyper Threading dan teknologi Turbo Boost. Teknologi Turbo Meningkatkan memastikan peningkatan kinerja secara keseluruhan dan menangani aspek seperti jumlah core aktif, konsumsi daya, suhu prosesor, dll Core I3 juga memiliki fitur ini, selain untuk teknologi Boost Turbo. Core i5 memiliki memori cache lebih rendah daripada i7.

Processor Intel Menengah meliputi Intel Core 2 Duo dan Intel Pentium Dual Core prosesor. Yang pertama menawarkan dua inti proses yang meningkatkan output gaming dan multimedia. terakhir ini didasarkan pada arsitektur mikro Core dan memberikan output yang layak untuk multimedia.

Processor Intel dasar prosesor termasuk Intel Centrino, Intel Centrino Duo dan Intel Atom. Kedua Prosesor Centrino adalah pilihan populer untuk komputasi mobile dan laptop kecil. Intel Atom dirancang untuk mengkonsumsi daya yang sangat rendah, dan fungsi pengolahannya juga terbatas.

1. Konsumsi Daya
AMD : Kurang efisien dari Intel
Intel : Lebih baik dari AMD
2. Harga
AMD : Murah
Intel : Tinggi
3. Faktor Pendingin
AMD : Lebih cepat Panas
Intel : Tidak cepat panas
4. Kecepatan Kerja
AMD : Tidak lebih cepat dibanding dengan Intel
Intel : Lebih cepat dibanding AMD
5. Untuk Permainan dan MUltimedia
AMD : Permainan Game dan Output multimedia yang lebih baik karena lebih cepat clocking
Intel : Tidak bagus untuk permainan Game
6. Kinerja dan Harga
AMD : Tinggi dan Rendah
Intel : Tinggi dan Tinggi

Demikianlah perbandingan yang mendasar antara AMD dan Intel. Untuk mendapatkan informasi teknis sebanyak yang Anda inginkan anda dapat melihatnya di amd.com dan intel.com

No Response to "Intel VS AMD"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi