Apa itu Worm (Cacing)


Worm adalah sebuah program komputer salah satu malware. Program ini berbahaya yang dapat menyalinan sendiri berulang-ulang, pada drive lokal, jaringan, email, atau Internet. Program ini menggunakan jaringan komputer untuk mengirimkan salinan dirinya ke node lainnya (komputer pada jaringan) dan dapat menginfeksi tanpa sepengetahuan pengguna. tujuan utama Worm adalah untuk mereproduksi, tidak seperti virus yang mencoba untuk menginfeksi, tapi menyalin kode embed ke dalam, file lainnya. Hal ini disebabkan oleh kelemahan keamanan pada komputer target. Worm tidak menginfeksi file atau memodifikasi file melainkan menimbulkan kerugian pada jaringan karena worm akan mengkonsumsi bandwith jaringan, sehingga mengakibatkan speed Internet lambat.

Jenis worm yang paling umum adalah worm email. Sesuai dengan jenisnya, worm email tidak menulari file lainnya seperti halnya virus tetapi mereka hanya membuat salinan dirinya berulang-ulang. worm email melakukan ini melalui email, dengan mengirimkan diri ke alamat email yang ditemukan pada sistem pengguna yang terinfeksi.

Email worm bisa menyebar secara global dalam beberapa saat dengan menggunakan taktik sederhana. Bayangkan bila email seorang yang terinfeksi dan memiliki dua puluh alamat email yang ditemukan pada sistem-nya. Maka worm akan mengirim salinan dirinya ke alamat tersebut. Jika salah satu email penerima terinfeksi, mereka juga tidak sadar akan menyebarkan salinan worm kepada teman-teman, kolega, dan rekan bisnis yang alamat email terdapat pada email mereka.

Worms dengan maksud baik

Awalnya dengan penelitian worm pertama di Xerox PARC, telah ada upaya untuk menciptakan worm yang berguna. Keluarga Worm Nachi, misalnya, mencoba untuk men-download dan menginstal patch dari website Microsoft untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam sistem host-dengan memanfaatkan kerentanan mereka. Dalam prakteknya, meskipun ini mungkin telah membuat sistem tersebut lebih aman, tapi menciptakan lalu lintas jaringan yang cukup besar, reboot mesin dalam patch, dan melakukan pekerjaan tanpa persetujuan pemilik atau pengguna komputer.

Beberapa worm, seperti worm XSS, diciptakan untuk penelitian menentukan faktor-faktor bagaimana worm menyebar, seperti kegiatan sosial dan perubahan perilaku pengguna, sementara worm lainnya merupakan lelucon, seperti salah satu yang mengirim gambar populer makro burung hantu dengan frase “O RLY?” ke antrian cetak dalam komputer yang terinfeksi.

Kebanyakan ahli keamanan menganggap semua worm sebagai malware, apa pun tujuan mereka atau niat pencipta mereka.

Melindungi komputer terhadap worm yang berbahaya

Pengguna perlu berhati-hati membuka email tak dikenal, dan tidak boleh menjalankan file lampiran atau program, atau kunjungi situs web yang terkait dengan email tersebut. Namun, seperti worm ILOVEYOU, dan dengan peningkatan pertumbuhan dan efisiensi serangan phishing, masih mungkin untuk mengelabui pengguna akhir dengan menjalankan kode berbahaya.

Tidak ada cara yang cepat dan mudah untuk memperbaiki masalah worm email. Pertahanan terbaik terhadap worm e-mail ini membuat lampiran email, menjaga sistem anda, mengamankan klien email Anda, dan memastikan perangkat lunak antivirus Anda selalu up to date dan mengaktifkan sistem firewall.

No Response to "Apa itu Worm (Cacing)"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi