Dasar-Dasar Pemeliharaan Komputer

Seperti halnya bila anda memiliki kenderaan seperti motor dan mobil, anda akan melakukan pemeliharaan seperti memeriksa Oli, Ban, Rantai (untuk Motor) dan melakukan perawatan yang baik agar kenderaan anda dapat bekerja secara maksimal.

Hal yang sama berlaku dengan PC Anda. Jika Anda memperlakukannya dengan baik, PC anda akan memberikan hasil yang optimal bagi Anda. Di sisi lain, jika Anda menjalankan PC Anda tanpa memikirkan untuk perawatan, maka PC anda akan memberikan anda kerepotan yang akhirnya akan mengalami kerusakan dan menjadi barang rongsokan.

Disini akan di bahas beberapa cara sebagai dasar pemeliharaan komputer

1. Shut Down yang Aman

Hal ini penting untuk melakukan cara yang benar dalam hal mematikan komputer. PC Anda mungkin memiliki tombol atau saklar untuk mematikan komputer anda. Ini kepuasan instan, tetapi tidak memberikan Windows kesempatan untuk melakukan banyak tugas rumah tangga penting sebelum menutup. Karena Ketika Anda mematikan Windows (Shut Down) system akan merapikan data yang digunakan pada saat bekerja, memastikan file disimpan dengan benar. Ketika system selesai, pesan akan memberitahu Anda bahwa itu aman untuk mematikan PC (atau lebih mungkin, komputer akan mematikan dengan sendirinya).

Untuk mematikan komputer dengan benar pada Windows XP, klik tombol Start dan kemudian klik Shut Down. Selanjutnya, klik tombol Shut Down. Untuk mematikan komputer dengan benar pada Windows Vista, klik Start, kemudian klik tombol panah dekat tombol Power. Ketika menu konteks muncul, klik Shut Down.

Jadi, mengapa tidak klik yang tombol Power yang muncul dalam menu Start? Secara default, tombol ini menempatkan komputer ke modus sleep, tanpa sepenuhnya mematikan PC. (Ini memungkinkan komputer “bangun” cepat, menghemat waktu) Jika Anda ingin mengkonfigurasi ulang tombol ini sehingga menutup komputer, klik Start, Control Panel, dan kemudian klik System And Maintenance. Klik Power Options dan kemudian klik Change Plan Settings under your computer’s plan (Anda bisa melihat rencana komputer Anda oleh tombol radio). Berikutnya, klik Change Advanced settings. Klik tanda plus (+) di samping Power Buttons Dan Tutup dan kemudian klik tanda plus sebelah Power Button Start Menu. Klik Setting dan kemudian klik Shut Down dari menu drop-down.

2. Pemeliharaan File

Dengan menyimpan file pada hard drive Anda yang terorganisir, Anda membuat informasi Anda lebih mudah untuk mencari dan menyimpan, banyak ruang kosong yang tersedia untuk proyek-proyek masa depan. Berkala menjalankan penambahan Atau membuang Programs untuk memeriksa dan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi, seperti permainan lama yang tidak lagi menghibur atau program shareware yang Anda putuskan untuk tidak menggunakannya. Untuk mengakses menambah Atau menghapus Program di Windows XP, klik Start dan Control Panel. Pada jendela Control Panel, klik dua kali Add Or Remove Programs. Dalam Vista, klik Start, Control Panel, dan kemudian klik Uninstall Program di Program dari Control Panel.

Disk Cleanup sebuah aplikasi WinXP yang dapat menghemat ruang drive dengan menghapus file yang tidak lagi dibutuhkan, seperti file Internet sementara dan log file yang tertinggal ketika Anda menginstal aplikasi. Untuk mengakses program di WinXP / Vista, pilih Start, (All) Program, Accessories, System Tools, dan Disk Cleanup.

Beberapa ahli komputer menyarankan defragmenting hard drive Anda secara berkala. Sebuah utilitas defrag mereorganisasi data pada hard drive file sehingga terkait disimpan dalam blok berdekatan sehingga tidak tersebar di sekitar drive. Idenya adalah bahwa dengan menempatkan data yang berhubungan secara fisik bersama-sama pada drive, akses ke data akan lebih cepat. Para ahli tidak setuju pada efektivitas defragging. Anda mungkin mencobanya jika hard drive Anda tampak sangat lambat, atau jika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas pemeliharaan lain dalam daftar ini dan memiliki keinginan besar untuk berbuat lebih banyak. Disk Defragmenter Windows termasuk sebuah utilitas defrag. Dalam WinXP / Vista, klik Mulai, (All) Program, Accessories, System Tools, dan Disk Defragmenter. suite utilitas pihak ketiga menambahkan fitur-fitur ekstra yang membersihkan file yang tidak perlu dan menjaga sistem Anda berjalan dengan mulus.

3.Jauhkan Program Yang Mengganggu

Menjaga virus, spyware, dan software-mendatangkan malapetaka lainnya dari PC Anda adalah tugas penting. Alat inti tiga (three core tools) untuk melakukannya adalah firewall internet, perangkat lunak antivirus, dan utilitas anti-spyware.

Firewall adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang mengisolasi PC Anda dari koneksi oleh komputer yang tidak sah dari Internet, sementara masih memungkinkan Anda untuk mengakses Internet. Jika Anda memiliki modem kabel atau DSL (Digital Subscriber Line) koneksi, firewall adalah suatu keharusan. Ini adalah ide yang bagus bahkan jika Anda menggunakan koneksi dial-up. Setelah Anda menginstal firewall dan diaktifkan, Anda sudah melindungi PC Anda dari file yang merusak dan kapan saja Anda sedang online. (Seperti semua perangkat lunak keamanan, jangan lupa untuk sesekali memeriksa update untuk firewall Anda.)

WinXP memiliki built-in firewall. Untuk mengaktifkannya di WinXP, klik Start, Control Panel, dan klik dua kali Network Connections. Sorot icon yang mewakili LAN (jaringan lokal area) atau koneksi internet berkecepatan tinggi dan pilih Change Settings Of This Connection di sisi kiri. Pada jendela Properties sambungan itu, buka tab Advanced dan pilih Protect My Computer And Network By Limiting Or Preventing Access To This Computer From The Internet kemudian klik Setting. pilih On (recomended), atau pada Control panel klik 2x Security Center, drop kebawah, lalu klik Windows Firewall.

Dalam Vista, klik Start, Control Panel, Security, Turn on Windows Firewall Matikan Atau aktifkan.

Windows Firewall tidak kuat karena itu dibutuhkan beberapa firewall pihak ketiga. Satu firewall tersebut ZoneAlarm Free Firewall , firewall dasar yang bekerja dengan Windows XP / Vista. Versi gratis yang bekerja melalui modem atau koneksi broadband. ZoneAlarm Pro versi menambahkan lampiran pemindaian email, dan fitur keamanan lainnya.

Yang berikutnya adalah spyware dan adware remover. Spyware adalah perangkat lunak yang diam-diam mengirimkan informasi tentang Anda dan memberikan informasi komputer Anda kepada orang lain melalui Internet. Mungkin mengadu tentang situs Web yang Anda kunjungi atau bahkan menangkap keystroke setiap security anda, termasuk nomor kartu kredit. Adware tempat iklan pada layar-iklan yang sulit untuk dihapus. Ad-Aware dan Spybot Search & Destroy adalah dua program bebas untuk menghapus infeksi ini dari PC Anda. Gunakan pada bulan pertama atau bulan kedua atau lebih jika Anda sering men-download perangkat lunak dari Internet.

Bagian ketiga dari trilogiadalah perangkat lunak antivirus. Setiap sistem Windows membutuhkannya, bahkan jika Anda pintar dan sistematis tentang tidak membuka lampiran email dan melakukan pengamanan lainnya. Anda tidak harus menghabiskan banyak uang untuk melindungi PC Anda dari virus. AVG Free menawarkan fungsionalitas antivirus dan antispyware tanpa biaya. McAfee, dan Trend Micro menawarkan perangkat lunak antivirus untuk bisnis, organisasi nirlaba, dan pengguna rumahan yang menginginkan fitur keamanan yang lebih daripada memberikan program gratis.

Beberapa program antivirus, setelah diinstal, selalu aktif: Mereka secara otomatis akan mencari sistem Anda untuk ancaman baru secara teratur. program lainnya mengharuskan Anda menjalankannya secara berkala untuk mempertahankan sistem anda. Dalam hal ini, biasakanlah untuk menjalankan perangkat lunak sekali seminggu atau lebih sering.

Anda dapat menggunakan firewall yang terpisah, spyware-blocker, dan utilitas antivirus, atau memilih alat tunggal (umumnya disebut sebagai suite keamanan) bahwa tidak semua harus tiga.

4.Backup

hard drive PC Anda adalah jantung dari komputer anda dan merupakan komponen yang mungkin paling rentan terhadap masalah-masalah tak terduga.

Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk harddisk Anda memang, untuk komputer secara keseluruhan-adalah untuk melakukan backup secara teratur. Sejumlah peristiwa disesalkan seperti virus komputer, hard drive crash, pencurian.

No Response to "Dasar-Dasar Pemeliharaan Komputer"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi