Nokia E90, Komputer dalam Genggaman

nokia_e90


Jika dahulu pernah komputer dibayangkan hadir dalam bentuk yang kecil yang portable, maka kemudian inovasi teknologi notebook telah menjawabnya. Dan jika kemudian orang lebih mengangankan fleksibilitas dan efesiensi dalam pemakaian peralatan kerjanya, termasuk penggunaan komputer dan handphone, maka angan inipun kemudian terwujud dengan hadirnya generasi handphone ‘pintar’ ataupun PDA. Inovasi penyatuan kedua sarana komunikasi data ini pun semakin berkembang. Padu padan komputer di dalam handphone pun semakin marak ditawarkan berbagai vendor telepon seluler. Tak terkecuali oleh Nokia. Nokia melalui seri communicator-nya kembali meluncurkan varian terbarunya Nokia E90 yang merupakan penerus generasi communicator sebelumnya, N9210, N9300, maupun N9500.

Dalam kurun waktu tiga tahun setelah peluncuran N9500, ternyata Nokia telah mempersiapkan dengan baik generasi terbarunya, Nokia E90. Seperti juga seri communicator Nokia yang lain, ‘kecerdasan’ dalam mengerjakan berbagai macam aplikasi pengolahan data sekaligus kemudahan dalam komunikasi data dan pengaksesan Internet menjadi ciri khas dari varian ini, selain tentunya berbagai pengembangan fitur multimedia dan mapping yang ada.

Untuk Sistem Operasi, Nokia E90 mengandalkan Symbian S60, yang didukung QuickOffice sebagai pengolah data-data Office, data hasil kompresi, maupun PDF. Sedangkan untuk urusan email, E90 mengandalkan protokol SMTP/POP3, dengan berbagai pilihan ‘push’ email. Adapun layanan email pihak ketiga yang disediakan meliputi Mail for Exchange 1.5 (dikirim melalui Aplikasi Nokia Downloads!), Visto Mobile v5.5, dan RIM BlackBerry Connect v2.1. Selain Instant Messaging E90 juga hadir bersama text-to-speech reader.

Untuk pengiriman data, E90 menjamin dengan HSDPA (High Speed Download Packet Access) hingga 3,6 Mbit, sehingga proses pengiriman data dapat berlangsung dengan cepat. Untuk fasilitas Internet, pengguna E90 juga dimanjakan dengan Internet Call rilis 2.1 untuk membuat panggilan VoIP (voice over IP).

Untuk fasilitas multimedia, Nokia E90 dilengkapi dengan Real Player maupun musik player yang mendukung file audio maupun video dengan tipe file MP3 dan AAC. Untuk dapat mendengarkan radio di manapun berada, E90 memperlengkapi diri dengan FM Tunner. Selain itu juga E90 dapat menjadi pemandu arah melalui fitur GPS dan Nokia Maps yang disediakannya.
Selain itu fitur 3G merupakan terobosan baru yang dilakukan Nokia untuk seri communicator E90, mengingat communicator sebelumnya belum mengusung fitur ini. Maka layaklah jika kemudian ‘komputer dalam genggaman’ ini dibandrol dengan harga relatif tinggi, yaitu sekitar 14 juta rupiah. Dan dengan harga yang relatif tinggi untuk ukuran handphone ini pula, yang menjadi alasan Nokia E90 menjadi sebuah simbol kemapanan pemakainya.



No Response to "Nokia E90, Komputer dalam Genggaman"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi