Mensetting Windows Xp Firewall



Windows Firewall



Firewall bukan sebuah tembok yang akan melindungi Anda dari semua ancaman pertempuran atau penembakan, tetapi firewall akan membantu agar sistem Anda lebih aman. firewall tidak akan mendeteksi atau memblokir sebuah ancaman tertentu sepertihalnya program antivirus, dan tidak akan menghentikan Anda untuk mengklik link dari pesan email phishing atau penipuan dari mengeksekusi file yang terinfeksi dengan worm. Firewall hanya membatasi arus lalu lintas ke komputer Anda untuk memberikan garis pertahanan terhadap program atau individu yang mungkin mencoba untuk terhubung ke komputer Anda tanpa persetujuan Anda.

Microsoft telah mengikutsertakan system firewall pada sistem operasi Windows, untuk sementara hanya sampai rilis Windows XP SP2, pada saat anda menginstall windows system tersebut diaktifkan secara default dan mengharuskan pengguna tahu keberadaannya dan fungsinya serta mengambil langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

Setelah Anda menginstal Service Pack 2 pada sistem Windows XP, Windows Firewall diaktifkan secara default. Anda bisa mendapatkan ke pengaturan Firewall Windows dengan baik mengklik ikon perisai kecil di Systray di bagian kanan bawah layar, kemudian klik Windows Firewall pada bagian bawah di bawah pengaturan kelola keamanan. selain itu Anda juga dapat mengklik Windows Firewall di dalam menu Control Panel.

Microsoft merekomendasikan untuk mengaktifkan firewall yang terpasang, tetapi tidak harus firewall dari windows. Windows bisa mendeteksi keberadaan beberapa perangkat lunak firewall pribadi dan akan mengakui bahwa sistem Anda masih dilindungi jika Anda menonaktifkan Windows Firewall. Jika Anda menonaktifkan Windows Firewall tanpa firewall pihak ke-3 terpasang, Pusat Keamanan Windows akan memberitahukan Anda bahwa Anda tidak dilindungi dan ikon perisai kecil firewall akan berubah menjadi merah.



Menciptakan Pengecualian (Exception)

Jika Anda menggunakan Firewall Windows, Anda mungkin perlu mengkonfigurasi untuk menggunakan lalu lintas tertentu. Firewall, secara default, akan memblokir lalu lintas yang masuk dan membatasi upaya oleh program untuk berkomunikasi dengan Internet. Jika Anda mengklik pada tab Exceptions, Anda dapat menambahkan atau menghapus program yang harus diperbolehkan untuk berkomunikasi lewat firewall, atau Anda bisa membuka spesifik TCP / IP port sehingga komunikasi pada port tersebut akan melewati firewall.





Untuk menambahkan sebuah program, anda dapat mengklik Add Program di bawah tab Pengecualian. Daftar program yang diinstal pada sistem akan muncul, atau Anda dapat menelusuri file executable yang spesifik jika program yang Anda cari tidak ada dalam daftar.

Pada bagian bawah jendela Add Program window is a button labeled Change Scop. Bila Anda mengklik pada tombol itu, Anda dapat menentukan komputer mana yang harus dibiarkan untuk menggunakan pengecualian firewall. Dengan kata lain, Anda mungkin ingin memperbolehkan program tertentu untuk berkomunikasi melalui Windows Firewall, tetapi hanya dengan komputer lain pada jaringan lokal Anda dan bukan Internet. Perubahan Lingkup menawarkan tiga opsi. Anda dapat memilih untuk mengizinkan pengecualian untuk semua komputer (termasuk internet publik), hanya komputer di subnet jaringan lokal Anda, atau Anda dapat menetapkan alamat IP tertentu jika memungkinkan.

Di bawah pilihan Add Port, Anda dapat menyediakan nama untuk mengidentifikasi exceptions port dan nomor port yang Anda inginkan untuk membuat exceptions dan apakah itu adalah port TCP atau UDP. Anda juga dapat menyesuaikan lingkup exceptions dengan opsi-opsi yang sama dengan Tambahkan Program exceptions.

Pengaturan Lanjutan (Advanced Settings)

Tab terakhir untuk mengkonfigurasi Windows Firewall tab Advanced. Dalam tab Advanced, Microsoft menawarkan beberapa kontrol yang lebih spesifik melalui firewall. Bagian pertama memungkinkan Anda memilih apakah Windows Firewall diaktifkan atau tidak untuk setiap adapter jaringan atau sambungan. Jika Anda mengklik tombol Settings pada bagian ini, Anda dapat menentukan layanan tertentu, seperti FTP, POP3 atau Remote Desktop layanan untuk berkomunikasi dengan koneksi jaringan melalui firewall.

Bagian kedua jika untuk Keamanan Logging. Jika Anda mengalami masalah dengan menggunakan firewall atau mencurigai bahwa komputer Anda mungkin sedang diserang, Anda dapat mengaktifkan Logging Keamanan untuk firewall. Jika Anda klik pada tombol Settings, Anda dapat memilih untuk menetapkan paket log and/or koneksi sukses. Anda juga dapat menentukan di mana Anda ingin menyimpan data log untuk diselamatkan dan menetapkan ukuran file maksimum untuk data log.

Bagian berikutnya memungkinkan Anda untuk menentukan pengaturan untuk ICMP. ICMP (Internet Control Message Protocol) digunakan untuk berbagai tujuan dan pengecekan error termasuk PING dan perintah tracert. Menanggapi permintaan ICMP akan tetapi juga dapat digunakan untuk menyebabkan kondisi penolakan-of-service pada komputer Anda atau untuk menolak spayware yang ingin mengumpulkan informasi tentang komputer Anda. Mengklik pada tombol Pengaturan untuk ICMP memungkinkan Anda menentukan dengan tepat jenis komunikasi ICMP yang Anda lakukan atau anda tidak menginginkan Windows Firewall diaktifkan.

Bagian akhir dari tab Advanced adalah bagian Pengaturan Default. Jika Anda telah membuat perubahan dan sistem anda tidak lagi bekerja dan Anda bahkan tidak tahu di mana untuk memulai, Anda dapat melakukan hal ini sebagai upaya terakhir dan klik Kembalikan setting Default untuk mengatur ulang Windows Firewall secara standard.







No Response to "Mensetting Windows Xp Firewall"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi