Mensetting Komputer Windows 7, Vista, dan XP Pada Jaringan yang sama

Kembali ketika Vista masih menjadi topik hangat, banyak yang menulis artikel tentang cara Vista dan XP dalam jaringan komputer yang sama. Sekarang kita punya [versi Windows md] Windows 7

Dalam artikel ini kita akan bahas beberapa hal mengenai masing-masing komputer dengan OS yang berbeda. Dimana setiap komputer dengan OS yang berbeda dapat saling sharinf file, printer dan media lainnya.

Verifikasi bahwa Hardisk anda Menggunakan Format NTFS

Seperti telah dibahas sebelumnya, PC Anda mungkin memakai sistem file yang kurang aman: FAT32. Dengan demikian Anda harus memastikan Anda menggunakan NTFS (New Technology File System). bila komputer anda masih menggunakan sistem format FAT 32, anda harus memformat Hardisk anda ke system format NTFS (Untuk Windows Xp)

Pastikan bahwa File dan Printer Sharing Diaktifkan

Meskipun Windows secara otomatis menginstal dan memungkinkan protokol untuk berbagi file dan printer, dapat sengaja dinonaktifkan. Oleh karena itu Anda harus periksa, terutama jika Anda sedang mengalami masalah berbagi.

Pada dialog properti sambungan jaringan (lihat Gambar Network Properties) Anda ingin memastikan



File dan Printer Sharing untuk Microsoft Networks dan Klien untuk protokol Microsoft Networks sudah diaktifkan.

Untuk membuka dialog Properties dari koneksi jaringan di XP, klik Start> Connect to> Show all connections. Kemudian klik kanan koneksi jaringan yang Anda gunakan dan pilih Properties.

Berikut adalah cara untuk membuka pada Windows Vista: Buka Network and Sharing Center dan klik Manage network connections link di sebelah kiri. Kemudian klik kanan koneksi jaringan dan pilih Properties.

Pada Windows 7, buka Network and Sharing Center, klik desired connection name link in the active networks area. Pada jendela status koneksi, klik tombol Properties.

Nonaktifkan Antarmuka Wizard File-Sharing

Windows XP Profesional dan semua edisi Vista dan Windows 7 telah maju untuk pengaturan berbagi. Bila Anda menggunakan metode lanjutan, Anda dapat lebih mengontrol sharing menggunakan Permissions. Anda akan menggunakan pendekatan yang sama antara komputer Anda, terlepas dari versi Windows mereka.

Berikut adalah cara untuk menonaktifkan antarmuka berbagi sederhana atau wizard berbasis:

  1. Explorer My Computer.
  2. Klik Tools dan pilih Folder Options.
  3. Jika Anda tidak melihat menu file di Vista atau Windows 7, tekan tombol Alt.
  4. Klik tab View.
  5. Gulir ke bawah dan hapus centang Use Sharing Wizard (di Vista atau Windows 7) atau Use Sharing Wizard (di XP).
  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan.


Verifikasi bahwa Setiap komputer dengan workgroup yang sama

Pada Komputer dan jaringan bisnis kecil, komputer harus ditugaskan ke Workgroup. Anda harus mensetting semua komputer yang Anda inginkan untuk berbagi dengan menetapkan satu sama lain dengan workgroup yang sama.

Karena beberapa versi Windows memiliki nama workgroup default yang berbeda, Anda harus menentukan nama tertentu dan memastikan bahwa setiap komputer diatur dengan workgroup yang sama.

Untuk Mensetting Workgroup pada komputer windows 7 Windows XP windows Vista, klik kanan My Computer atau cara pintas Komputer dari desktop atau start menu dan pilih Properties. Anda akan melihat nama komputer, domain, dan workgroup pengaturan pada jendela System.



Sementara Anda melakukannya, Anda juga dapat memverifikasi bahwa Anda memiliki nama komputer deskriptif, sehingga Anda dapat mengetahui PC saat Anda menelusuri jaringan. Perlu diingat, jangan sampai ada 2 Nama komputer yang sama pada jaringan, bila terdapat 2 nama komputer yang sama dalam satu jaringan akan terjadi konflik



No Response to "Mensetting Komputer Windows 7, Vista, dan XP Pada Jaringan yang sama"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi