Lawan Intel, Nvidia Janjikan Chip Baru Supercepat

Nvidia HQ (foto: Google Image)

SAN JOSE - Perusahaan desain prosesor grafis Nvidia berencana untuk mengembangkan chip komputer terbaru. Chip ini diharapkan dapat dipasarkan pada pertengahan tahun 2011.

Prosesor grafis yang diberi nama Kepler ini dipercaya akan menghantarkan performa yang lebih cepat. Lalu performa Kepler akan diikuti oleh generasi terbaru lainnya, yang bernama Maxwell, dalam kurun dua tahun ke depan.

"Kami berharap produksi prosesor tersebut akan dimulai tahun depan. Proses desain prosesor tersebut sedang kami percepat. Ada ratusan ahli dan teknisi yang sedang mengerjakannya," ujar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang, seperti dikutip melalui Straits Times, Rabu (22/9/2010).

Nvidi memang selama ini dikenal sebagai produsen chip grafis dengan performa yang mumpuni. Chip besutan Nvidia sangat diminati oleh para gamer. Namun tahun depan, kemungkinan besar pamor Nvidia akan menghadapi tekanan kuat dari Intel. Pasalnya, Intel pun sedang mempersiapkan microchip terbaru yang merupakan kombinasi antara prosesor core tradisional dan grafis.

Selain tekanan dari Intel, Nvidia juga dipastikan akan mendapat tekanan dari para investor seiring dengan adanya kabar jika bisnis microchip telah mengalami penurunan pada kuarta ketiga tahun ini hingga mencapai USD1 miliar. Hal ini dikarenakan semakin melemahnya kebutuhan konsumen terhadap PC.

Akhirnya, untuk mempertahankan perusahaan, Nvidia dikabarkan merambah ke bisnis ponsel dengan mengombinasikan prosesor yang mengonsumsi energi rendah milik ARM Holdings dengan prosesor grafis miliknya. Chip baru untuk ponsel itu akan dinama Tegra, sama dengan nama perangkat ponsel dan tablet yang akan dikembangkan Nvidia.

No Response to "Lawan Intel, Nvidia Janjikan Chip Baru Supercepat"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi