Cara Mengetahui IP Address Lawan Chatting di Yahoo Messenger

Mungkin anda penasaran, bagaimana kita dengan seorang yang jauh tempat tinggalnya dengan kita bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan komputer yang di sebut dengan chating. Sebenarnya prinsip kejanya sama dengan handpon atau telepon, handpone dan telepon agar dapat berkomunikasi satu sama lainnya harus memiliki nomor telepon. Begitu juga dengan komputer, komputer agar dapat berkomunikasi harus memiliki alamat yang disebut IP Adress serta port.

Seperti halnya handpone, ketika seseorang menghubungi kita, maka nomor teleponnya akan tampil pada layar handpone kita, bagaimana dengan komputer, pada komputer juga kita dapat melihat nomor IP adress lawan chating kita dengan cara menggunkan fasilitas yang ada pada windows yaitu software Netstar. Netstat adalah fitur windows yang dapat membaca/melihat proses koneksi antar jaringan yang terjadi di komputer tersebut.

YM bukanlah sebuah chat yang menggunkan koneksi P2P yang notabene singkatnya adalah koneksi yang terjadi secara direct antar 2 komputer. YM menggunakan server sebagai medianya. Jadi ketika kita ketikkan netstat, akan terlihat IP dari server YM, bukan IP dari chatter yang kita ajak bicara.

Namun setelah mengetahui triknya, itu semua bisa diakali. caranya dengan mengirim file kepada lawan chatting kita.

Langkahnya sebagai berikut :

1. Login ke YM
2. Ajak chat siapa saja yang ingin anda ketahui ip addressnya
3. Buka cmd anda… ketik netstat kemudian enter
4. Akan ada banyak proses yang terlihat
5. Kirim file apa saja kepada lawan chat (Kirim file yang ukurannya besar agar anda mendapat waktu yang lama mendetek ip adress lawan chating anda)
6. Saat proses terjadi, pada jendela cmd, ketik netstat sekali lagi kemudian enter
7. Maka akan terlihat sebuah IP contohnya seperti ini : 10.245.101.204:5101 SYN_SENT
8. Nah..ip address lawan chat anda.. ipnya adalah 10.245.101.204
9. Jika belum jelas, anda bisa menggunakan command netstat -n, maka akan keluar ip address dan port dalam numerik

YM menggunakan port 5101 untuk mengirimkan file. Proses pengiriman file tentunya terjadi secara P2P dan dengan fitur netstat, akan terlihat IP address lawan chat yang anda kirimi file..

No Response to "Cara Mengetahui IP Address Lawan Chatting di Yahoo Messenger"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi