Yandex.com Search Engine Alternatif Google Baru yang Mumpuni dari Rusia

Yandex.ru yang merupakan mesin pencari top di Rusia, telah meluncurkan versi internasionalnya yang bisa kita gunakan sebagai alternatif dari google di Yandex.com. Walau Yandex.com ini baru saja diluncurkan, tapi sebenarnya mereka sudah berkutat dalam pencarian cukup lama jadi tak mengherankan apabila hasil yang diperoleh di Yandex.com cukup relevan dan tidak kalah dibanding google.com.

Saat ini Yandex.com masih memberi status alpha pada layanan pencarian mereka walau sebenarnya kualitas hasilnya bisa dikatakan cukup oke. Menurut mereka, sebenarnya sejak 2 tahun yang lalu mereka telah mulai mengindeks situs non rusia dan menambahkannya ke database mesin pencari mereka.

Penulis sudah coba mencari “russian presiden” dan membandingkannya dengan hasil pencarian Google.com. Keduanya menghasilkan daftar yang berbeda tapi cukup menarik juga karena hasil yang ditawarkan Yandex.com juga tetap relevan. Bahkan Yandex langsung merevisi kesalahan penulisan kata “presiden” menjadi “president” secara otomatis di kotak pencarinya.

Bahkan kami mencoba melakukan tes pencarian dalam bahasa Indonesia, untuk keyword “berita teknologi terbaru” di mana Yandex menampilkan beritateknologi.com di hasil pencarian teratas. Tapi memang hasil pencarian Yandex dalam bahasa Indonesia masih kurang oke dibanding hasil pencarian bahasa Inggrisnya.

Menurut orang internal Yandex, mesin pencari global baru ini masih dianggap platform untuk mentes algoritma baru dan bukan layanan yang sudah bisa digunakan maksimal oleh publik.

Walau begitu ada agen pemasaran search engine dari Inggris menyebutkan bahwa Yandex bisa dikatakan mesin pencari terbaik saat ini. Bahkan ada yang menyebutkan hasil pencarian Yandex lebih bersih dibanding Google dari spam. Saat ini Yandex telah mengindeks 4 miliar halaman dengan huruf Latin yang sebagian besar dalam bahasa Inggris.

Ingin mencoba? Silakan langsung ke http://www.yandex.com

No Response to "Yandex.com Search Engine Alternatif Google Baru yang Mumpuni dari Rusia"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi