Sharing Fastnet atau Speedy dengan Router Wireless

Jika anda berlangganan Fastnet dari Firstmedia atau Speedy-nya Telkom pasti mengatakan tidak bisa, mungkin karena tidak tahu atau agar alatnya supaya laku. Untuk mensharenya tidak begitu sulit

Untuk membuat jaringan wifi hotspot di rumah dengan fastnet atau speedy anda membutuhkan:

1. Wireless Router; fungsinya adalah membagi koneksi dari modem fastnet/speedy ke beberapa koneksi baru. Istilah jaringannya adalah NAT (Network Address Translation). Wireless router ini merknya macam-macam, ada LinkSys, TP-Link, D-Link, SMC, dan lain-lain. Apapun merknya yang penting nggak masalah karena cuma buat di dalam rumah yang jaraknya tidak terlalu jauh.
2. Dua buah kabel UTP dengan krimpingan straight anda bisa membeli yang sudah jadi atau minta dibuatkan di toko komputer. Bilang aja minta buatin 2 kabel straight. Panjangnya masing-masing tergantung dari letak wireless router dan modem fastnet/speedy.

Cara men-setup wireless router juga cukup mudah. Wireless Router memiliki 3 interface.

Typical Wireless Router Interface

1. WAN atau Wide Area Network berguna untuk menghubungkan router dengan dunia luar alias internet. Wireless router standar memiliki 1 buah koneksi WAN.
2. LAN atau Local Area Network berguna untuk menghubungkan jaringan lokal atau PC yang ingin terhubung menggunakan kabel.
3. WLAN atau Wireless Local Area Network berguna untuk menghubungkan jaringan lokal atau PC yang ingin terhubung menggunakan wireless atau nirkabel.

Install kabel seperti berikut ini:

1. Konek salah satu ujung kabel straight yang telah anda buat atau anda beli tadi ke port WAN di wireless router dan ujung lainnya ke modem fastnet/speedy.
2. Kabel yang ke dua, Konek di salah satu ujungnya ke salah satu port LAN dan ujung lainnya ke PC/Laptop. Kenapa pakai kabel? Koneksi kabel ini berguna untuk setup dan troubleshooting.
3. Jangan lupa pasang adaptornya.
4. Persiapan kabel telah siap selanjutnya tinggal men-setup wireless router.

Cara men-setup wireless router tentu saja berbeda-beda antara merk yang satu dengan yang lainnya. Tapi secara umum settingan jaringannya adalah seperti ini:

1. Konfigurasikan WAN menjadi Dynamic IP address atau DHCP. Jadi IP address di port WAN akan secara otomatis terbentuk. IP ini asalnya dari ISP (Speedy/Fastnet).
2. Konfigurasikan LAN dengan IP sesuai keinginan anda. Tentu saja IP lokal atau kelas C. Misalnya 192.168.2.1. Atau jika anda malas biarkan saja IP LAN di default, biasanya 192.168.1.1 (tergantung merk wireless routernya).
3. Konfigurasikan DHCP untuk kira-kira 5 – 6 klien (berarti 5 – 6 PC/laptop bisa ikut konek baik itu dengan kabel maupun nirkabel). DHCP ini bertugas memberikan IP ke alat (PC/laptop/PDA/Berry berry) yang konek ke wireless router. Buatlah pool dengan range misalnya: 192.168.1.100 hingga 192.168.1.106. Jadi nanti laptop/PC yang konek akan menempati salah satu IP diantara 192.168.1.100 dan 192.168.1.106.
4. Testlah koneksi internet anda dengan laptop. Pastikan konfigurasi IP di laptop anda menjadi Automatic atau biasanya teknisi speedy menyebutnya “obtain“.


No Response to "Sharing Fastnet atau Speedy dengan Router Wireless"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi