Setujukah bila Tulisan Blog Anda di Copy Paste

Kolom tutorial blog, tip menulis dan refleksi saya di blogspot dulu–dan sekarang saya impor semua ke blog ini– cukup populer karena memenuhi sebagian kebutuhan kalangan blogger Indonesia pemula yang ingin membuat blog. Banyak blogger pemula menyukainya. Saking sukanya tidak sedikit yang ingin numpang popularitas dengan cara mengcopy/paste hampir seluruh blog tutorial yang saya berikan. Sebagian menyebut nama, alamat blog dan link artikel (seperti yang saya minta bagi siapa saja yang hendak mengcopy/paste); sebagian lagi hanya menyebut nama penulis; tapi tidak jarang yang tanpa menyebut sumber atau nama penulis asal sama sekali. Apabila Anda menemukan tutorial blog yang tulisannya sama atau mirip dengan isi tutorial di sini, percayalah bukan saya yang nyontek. :)

Bagi saya pribadi, saya tidak begitu keberatan dengan copy/paste tersebut. Saya menulis tutorial blog di sini tulus sebagai hadiah saya bagi rekan-rekan yang ingin ngeblog. Bila ada teman yang jadi semangat ngeblog karena membaca tulisan saya, itu bagi saya sudah cukup. Saya tidak begitu risau dengan copy right.

Kalau toh ada yang saya risaukan adalah justru pada pihak penyontek itu sendiri. Kalau menyontek isi blog saya semata-mata sebagai starting point, mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau keterusan, saya kuatir suatu hari nanti dia akan ketemu batunya dan dilabrak orang yang keberatan isinya di copy/paste seenaknya.

Last but not least, menurut saya, tetap lebih membanggakan hasil sendiri walau tidak bagus. Toh hidup itu proses belajar berkelanjutan. Hari ini tidak bagus, mungkin tahun depan sudah akan dapat menyaingi tulisan blogger-blogger ternama. Dan yang lebih penting, kita juga belajar hidup bermartabat dengan bangga pada hasil keringat sendiri.

Btw, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda senang, setuju atau sebel kalau tulisan Anda dibajak orang?

No Response to "Setujukah bila Tulisan Blog Anda di Copy Paste"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi