Rata-Rata 8 Milyar Menit Sehari Dihabiskan Oleh Pengguna Internet

Sekalipun Facebook bukan website yang load halaman web-nya cepat, tapi tak membuat jutaan pengguna Facebook bosan dan lantas meninggalkannya.

Dalam sebuah wawancara di acara Web 2.0 Summit di San Francisco, Mike Schroepfer salah satu eksekutif di Facebook mengatakan bahwa dalam sehari rata-rata dihabiskan 8 milyar menit oleh pengguna internet untuk ber-Facebook-ria.

Hampir 2 milyar konten dibagikan setiap minggunya dan 2 milyar foto diupload setiap bulannya. Sangat padat dan ramai sekali arus data di Facebook saat ini. Schroepfer sebagai wakil presiden di Facebook kini memfokuskan diri untuk meningkatkan angka pengguna aktif setiap harinya mencapai angka 300 juta per hari.

Setiap detiknya saja, halaman Facebook mampu memproses 50 juta aktivitas pengguna. “Kami saat ini masih menggunakan aplikasi open source, Memcache, tapi kami memodifikasinya dan mengembangkannya lagi,” kata beliau menerangkan bagaimana sebuah website yang padat arus datanya tersebut dapat berjalan tetap lancar. “Kami kini mampu meningkatkan kemampuan Memcache menjadi 5 kali dari kemampuan awalnya”.

“Kadang-kadang kami memperbaiki bugs. Kadang-kadang kami berusaha untuk membuat produk yang tidak pengguna sukai. Langkah-langkah tersebut adalah untuk meningkatkan performa dari website agar tetap bekerja baik.” kata beliau lagi.

Maka tak heran pula kalau yang terjadi adalah sering dari akun pengguna didisable oleh pihak Facebook. Bulan ini saja, pihak Facebook telah menutup akses 150.000 akun pengguna agar mengurangi data-data yang tidak terlalu penting atau kemungkinan besar cuma akun yang dibuat hanya untuk memadati arus data di Facebook. Ini juga agar mempercepat halaman website agar tetap bisa diakses cepat oleh penggunanya.

Categories: Internet & Web 2.0
Sumber : beritateknologi.com

No Response to "Rata-Rata 8 Milyar Menit Sehari Dihabiskan Oleh Pengguna Internet"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi