Proxy server

Dalam jaringan komputer, server proxy server (sistem komputer atau program aplikasi) yang bertindak sebagai perantara untuk permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Seorang klien terhubung ke proxy server, meminta beberapa layanan, seperti file, sambungan, halaman web, atau sumber yang lain, yang tersedia dari server yang berbeda. Proxy Server mengevaluasi permintaan sesuai dengan aturan penyaringan. Sebagai contoh, mungkin filter lalu lintas menurut alamat IP atau protokol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh penyaring, proxy menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke server dan relevan yang meminta layanan atas nama klien. Sebuah server proxy opsional dapat mengubah permintaan klien atau respon server, dan kadang-kadang dapat melayani permintaan tanpa perlu menghubungi server yang ditentukan. Dalam hal ini, ‘cache’ tanggapan dari server jauh, dan selanjutnya kembali permintaan untuk konten yang sama secara langsung.

Sebuah proxy server memiliki banyak potensi tujuan, termasuk:

* Untuk menjaga mesin dari gangguan orang (terutama untuk keamanan)
* Untuk mempercepat akses ke sumber daya (menggunakan cache). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman web dari web server
* Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan.
* Untuk log / audit penggunaan, yaitu karyawan perusahaan untuk memberikan laporan penggunaan internet.
* Untuk bypass keamanan / parental kontrol.
* Untuk memindai konten ditularkan malware sebelum pengiriman.
* Untuk memindai konten outbound, misalnya, perlindungan kebocoran data.
* Untuk menghindari pembatasan regional.

Sebuah proxy server yang melewati permintaan dan balasan yang belum diubah biasanya disebut gateway atau kadang-kadang tunneling proxy.

Sebuah proxy server dapat ditempatkan pada pengguna komputer lokal atau pada berbagai titik antara pengguna dan server tujuan di Internet.

Sebuah reverse proxy adalah (biasanya) Internet-menghadap proxy digunakan sebagai front-end untuk mengontrol dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi, umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti load-balancing, otentikasi, dekripsi atau caching.

Type dan Fungsi Proxy Server

Proxy Server memiliki satu atau lebih fungsi-fungsi sebagai berikut:

Caching proxy server

Sebuah caching proxy server dalam permintaan layanan mempercepat dengan mengambil konten disimpan dari permintaan sebelumnya yang dibuat oleh klien yang sama atau bahkan klien lain. Caching proxy menyimpan salinan setempat sesuai dengan sumber daya yang diminta, yang memungkinkan organisasi besar untuk secara signifikan mengurangi penggunaan bandwidth dan biaya, sementara meningkatkan secara signifikan kinerja jaringan komputer. Sebagian besar ISP dan perusahaan besar memiliki caching proxy. Mesin ini dibuat untuk memberikan kinerja sistem berkas yang luar biasa (sering dengan RAID dan journal) dan juga mengandung hot-rodded versi TCP. Caching proxy adalah jenis pertama dari proxy server.

Beberapa keburukan-caching proxy yang memiliki kelemahan (misalnya, ketidakmampuan untuk menggunakan otentikasi pengguna). Beberapa masalah yang dijelaskan dalam RFC 3143 (Ditemukan masalah HTTP Proxy / Caching).

Kepentingan lainnya dalam penggunaan proxy server adalah untuk mengurangi biaya hardware. Sebuah organisasi mungkin memiliki banyak sistem di jaringan yang sama atau di bawah kendali server tunggal, melarang kemungkinan seorang individu mengkoneksi ke Internet untuk setiap sistem. Dalam kasus seperti itu, sistem individu dapat dihubungkan ke salah satu server proxy, dan server proxy yang terhubung ke server utama.

Web proxy

Sebuah proxy yang berfokus pada lalu lintas World Wide Web disebut ‘web proxy’. Yang paling sering menggunakan web proxy adalah untuk melayani sebagai web cache. Sebagian besar program proxy menyediakan cara untuk menolak akses ke URL yang ditetapkan dalam daftar hitam, sehingga memberikan penyaringan konten. Hal ini sering digunakan dalam perusahaan, pendidikan atau lingkungan perpustakaan, dan tempat lain di mana penyaringan konten yang diinginkan. Beberapa web proxy memformat ulang halaman web untuk tujuan tertentu atau khalayak, seperti untuk ponsel dan PDA.

AOL dialup pelanggan digunakan untuk memilih permintaan mereka dialihkan melalui proxy yang extensible ‘dipersempit’ atau mengurangi detail gambar dalam format JPEG. Ini mempercepat kinerja tetapi menimbulkan masalah, baik ketika resolusi yang dibutuhkan atau ketika program berkurang menghasilkan hasil yang salah. Inilah sebabnya mengapa pada masa awal dari web banyak halaman web berisi link mengatakan ‘AOL Users Klik’ untuk melewati web proxy dan untuk menghindari bug dalam perangkat lunak yang melemah.

Memfilter web proxy

Sebuah filter konten web proxy server menyediakan kontrol administratif atas konten yang dapat disampaikan melalui proxy. Hal ini biasanya digunakan dalam usaha komersial dan organisasi non-komersial (khususnya sekolah) untuk memastikan bahwa penggunaan internet sesuai dengan acceptable use policy. Dalam beberapa kasus pengguna dapat menghindari proxy, karena terdapat layanan yang dirancang untuk proxy tersebut dari situs web yang disaring melalui situs yang tidak disaring untuk memungkinkan melalui pengguna proxy.

Beberapa metode umum yang digunakan untuk penyaringan konten meliputi: URL atau DNS blacklist, URL filter regex, MIME penyaringan, atau konten filter kata kunci. Beberapa produk yang telah dikenal untuk menggunakan teknik analisis isi untuk mencari sifat-sifat umum digunakan oleh jenis tertentu dari penyedia konten.

Sebuah proxy filtering konten akan selalu mendukung otentikasi pengguna, untuk mengontrol akses web. Ini juga biasanya menghasilkan log, baik untuk memberikan informasi rinci tentang URL yang diakses oleh pengguna tertentu, atau untuk memantau statistik penggunaan bandwidth. Mungkin juga berkomunikasi dengan daemon-based dan / atau ICAP berbasis perangkat lunak antivirus untuk menyediakan keamanan terhadap virus dan malware lain dengan memindai konten masuk secara real time sebelum memasuki jaringan.

Proxy server Bebas

Proxy server bebas (kadang-kadang disebut web proxy) umumnya usaha untuk pengguna web surfing. Ada berbagai varietas bebas. Salah satu variasi yang lebih umum adalah proxy terbuka. Karena mereka biasanya sulit untuk dilacak, proxy terbuka terutama berguna untuk mereka yang mencari online anonimitas, dari pembangkang politik ke komputer kriminal. Beberapa pengguna yang hanya tertarik pada anonimitas untuk keamanan tambahan, menyembunyikan identitas mereka dari website berpotensi berbahaya misalnya, atau pada prinsipnya, untuk memfasilitasi konstitusional hak asasi manusia kebebasan berbicara. Server menerima permintaan dari server proxy pengganggu, akan tetapi tidak mengetahui informasi tentang alamat pengguna akhir.

Kontrol akses: Beberapa server proxy menerapkan persyaratan logon. Dalam organisasi besar, kuasa pengguna harus log on untuk mendapatkan akses ke web. Organisasi dengan demikian dapat melacak penggunaan untuk individu.

Beberapa proxy server yang tidak dikenal akan meneruskan paket data dengan baris header seperti HTTP_VIA, HTTP_X_FORWARDED_FOR, atau HTTP_FORWARDED, yang dapat mengungkapkan alamat IP klien. proxy server tidak dikenal lainnya, yang dikenal sebagai elit atau anonimitas tinggi proxy, hanya menyertakan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP dari server proxy, menimbulkan kesan bahwa proxy server adalah klien. Sebuah situs web masih bisa tersangka proxy yang digunakan jika klien mengirimkan paket yang berisi cookie dari kunjungan sebelumnya yang tidak menggunakan server proxy anonimitas tinggi. Kliring cookie, dan mungkin cache, akan memecahkan masalah ini.

Hostile proxy

Proxy juga dapat diinstal dalam rangka untuk memata-matai mesin dataflow antara klien dan web. Semua halaman diakses, dan juga segala bentuk diajukan, dapat ditangkap dan dianalisis oleh operator proxy. Untuk alasan ini, sandi untuk layanan online (seperti webmail dan perbankan) harus selalu cryptographically dipertukarkan melalui sambungan aman, seperti SSL.

Mencegat server proxy

Sebuah proxy mencegat menggabungkan server proxy dengan gateway atau router (umumnya dengan kemampuan NAT). Sambungan dibuat oleh browser klien melalui gateway ini dialihkan ke proxy tanpa konfigurasi sisi klien (atau sering pengetahuan). Sambungan juga dapat dialihkan dari SOCKS server atau proxy level sirkuit.

Mencegat proxy juga sering disebut sebagai ‘transparan’ proxy, atau ‘memaksa’ proxy, mungkin karena keberadaan dari proxy adalah transparan kepada pengguna, atau user dipaksa untuk menggunakan proxy tanpa pengaturan lokal.

Tujuan
Mencegat proxy biasanya digunakan dalam usaha untuk mencegah atau menghindari acceptable use policy, dan untuk meringankan beban administrasi, karena tidak ada konfigurasi browser klien diperlukan. Namun alasan kedua ini adalah dikurangi oleh fitur-fitur seperti Active Directory kebijakan kelompok, atau DHCP dan otomatis deteksi proxy.

Mencegat proxy juga umum digunakan oleh ISP di beberapa negara untuk menghemat bandwidth Sumber dan meningkatkan respons arus pelanggan oleh caching. Ini lebih umum di negara-negara di mana bandwidth yang lebih terbatas (misalnya negara-negara pulau) atau harus dibayar.

Pengalihan / pencegatan dari sebuah koneksi TCP menciptakan beberapa masalah. Pertama tujuan asli IP dan port harus entah bagaimana dikomunikasikan ke proxy. Ini tidak selalu memungkinkan (misalnya di mana gateway dan proxy berada pada host yang berbeda). Ada kelas serangan lintas situs yang bergantung pada perilaku tertentu mencegat proxy yang tidak memeriksa atau memiliki akses ke informasi tentang tujuan asli (disadap). Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan paket-tingkat terpadu dan alat tingkat aplikasi atau perangkat lunak yang kemudian bisa mengkomunikasikan informasi antara paket penangan dan proxy.

Mencegat juga menimbulkan masalah bagi otentikasi HTTP, khususnya berorientasi sambungan otentikasi seperti NTLM, karena browser klien percaya itu bukan berkomunikasi ke server proxy. Hal ini dapat menyebabkan masalah di mana sebuah proxy mencegat memerlukan otentikasi, kemudian menghubungkan pengguna ke sebuah situs yang juga memerlukan otentikasi.

Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi penggunaan server proxy yang mencegat dengan membandingkan eksternal alamat IP klien ke alamat yang dilihat oleh eksternal web server, atau kadang-kadang dengan memeriksa HTTP header yang diterima oleh server. Sejumlah situs telah diciptakan untuk mengatasi masalah ini, dengan melaporkan pengguna alamat IP seperti yang terlihat oleh situs kembali ke pengguna di halaman web.

Membuka Proxy Server

Karena proxy dapat digunakan untuk penyalahgunaan, administrator sistem telah mengembangkan sejumlah cara untuk menolak layanan untuk membuka proxy. Banyak jaringan IRC tes secara otomatis sistem klien untuk diketahui jenis proxy terbuka. Demikian juga, server email mungkin dikonfigurasi untuk secara otomatis menguji pengirim e-mail untuk proxy terbuka.

Grup dari IRC dan menjalankan surat elektronik operator DNSBLs penerbitan daftar alamat IP yang diketahui proxy terbuka, seperti AHBL, Lampung, NJABL, dan Sorbs.

Etika pengujian secara otomatis klien open proxy yang kontroversial. Beberapa ahli, seperti Vernon Schryver, mempertimbangkan pengujian tersebut setara dengan seorang penyerang portscanning client host. Lain-lain mempertimbangkan klien telah diminta scan dengan menghubungkan ke server dengan persyaratan layanan yang meliputi pengujian.

Reverse proxy server

Sebuah reverse proxy adalah server proxy yang terinstal di lingkungan satu atau lebih web server. Semua lalu lintas yang datang dari Internet dan dengan tujuan dari salah satu web server berjalan melalui server proxy. Ada beberapa alasan untuk menginstal reverse proxy server:

* Enkripsi / SSL percepatan: ketika situs Web aman diciptakan, enkripsi SSL sering tidak dilakukan oleh server web itu sendiri, melainkan oleh sebuah reverse proxy yang dilengkapi dengan SSL percepatan hardware. Lihat Secure Socket Layer. Lebih jauh lagi, sebuah host dapat menyediakan satu ‘SSL proxy’ untuk menyediakan enkripsi SSL untuk jumlah host yang sewenang-wenang; menghilangkan perlunya SSL Server Certificate yang terpisah untuk masing-masing host, dengan kerugian bahwa semua host di belakang proxy SSL harus berbagi Common nama DNS atau alamat IP untuk koneksi SSL.
* Load balancing: reverse proxy dapat mendistribusikan beban ke beberapa web server, setiap web server yang melayani aplikasi sendiri ke daerah. Dalam kasus seperti itu, sebaliknya proxy mungkin perlu untuk menulis ulang URL dalam setiap halaman web (terjemahan dari URL eksternal dikenal lokasi internal).
* Sajikan / cache konten statis: Sebuah reverse proxy dapat offload web server dengan caching konten statis seperti gambar-gambar dan konten grafis statis.
* Kompresi: server proxy dapat mengoptimalkan dan menekan konten untuk mempercepat waktu buka.
* Mengurangi penggunaan resource yang lambat disebabkan oleh klien di web server dengan caching konten web server yang dikirim dan perlahan-lahan itu kepada klien. Hal ini terutama manfaat halaman yang dihasilkan secara dinamis.
* Keamanan: proxy server lapisan tambahan pertahanan dan dapat melindungi terhadap beberapa OS dan serangan WebServer spesifik. Namun, ini tidak memberikan perlindungan terhadap serangan terhadap aplikasi web atau layanan itu sendiri, yang umumnya dianggap sebagai ancaman yang lebih besar.
* Extranet Penerbitan: reverse menghadap server proxy internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan server firewall internal bagi suatu organisasi, menyediakan extranet akses ke beberapa fungsi sekaligus mempertahankan server di belakang firewall. Jika digunakan dengan cara ini, langkah-langkah keamanan harus dipertimbangkan untuk melindungi sisa kasus infrastruktur di server yang terganggu, sebagai aplikasi web yang terkena serangan dari Internet.

No Response to "Proxy server"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi