Mengenal rating sebuah game yang akan dimainkan



Anak bermain game Pernahkah anda perhatikan bahwa setiap game yang beredar di pasaran mempunyai rating berdasarkan usia pemakai? Saya yakin, di Indonesia tidak banyak orang tua yang memperhatikan rating pada game yang dimainkan oleh anak-anak mereka. Rating pada game sangat penting sekali karena dapat mempengaruhi psikologis anak jika dimainkan oleh anak yang tidak sesuai dengan umurnya. Contohnya adalah game-game yang mengandung unsur kekerasan, seks, dan yang memperlihatkan penggunaan minuman keras atau narkotika akan tidak cocok dimainkan oleh anak-anak.

Ada salah satu organisasi nirlaba yang bernama The Entertainment Software Rating Board dan disingkat ESRB yang bertugas memberikan ‘penilaian’ terhadap game-game yang ada dan menentukan rating game tersebut berdasarkan konten yang dimilikinya.

ESRB

Berikut rating-rating game yang dikeluarkan oleh ESRB antara lain :

  • EARLY CHILDHOOD disingkat EC, game ini cocok untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas karena memang dalam game ini tidak mengandung unsur-unsur kekerasan jadi para orang tua tidak perlu khawatir.
  • EVERYONE disingkat E, game ini cocok untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur kekerasan walupun masih kecil sekali.
  • EVERYONE 10+ disingkat E10+, game ini cocok untuk anak-anak usia 10 tahun ke atas, sudah berisi banyak kartun-kartun, kekerasan yang halus dan sedikit tema yang cabul.
  • TEEN disingkat T, game ini cocok untuk anak-anak usia 13 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur kejahatan dan penggunaan bahasa yang halus sampai kasar.
  • MATURE disingkat M, game ini cocok untuk anak-anak usia 17 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur seks, kekerasan dan kata-kata yang kasar.
  • ADULT ONLY disingkat AO, pada game ini sudah bisa dipastikan terdapat unsur seks, kekerasan dan kata-kata yang kasar dan di sarankan agar game ini tidak dimainkan oleh anak berusia di bawah 18 tahun.
  • Rating Pending disingkat RP, rating game ini maksudnya adalah game-game yang sudah mendaftarkan diri ke ESRB tetapi belum keluar hasil ratingnya.

  • KIDS TO ADULT disingkat K-A, game ini cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas, game ini sudah berisi sedikit kekerasan, kenakalan dan kata-kata kasar. Kode ini sudah lama tidak di gunakan lagi mungkin karena memang karakteristiknya sama seperti kode EVERYONE.

Untuk para orang tua mulai sekarang cobalah untuk lebih memperhatikan serta mengawasi game-game yang dimainkan oleh anak-anak mereka. Apakah game-game yang dimainkan oleh anak-anak anda itu sudah sesuai dengan umur mereka? Hal ini karena semua itu bisa mempengaruhi kejiwaan atau psikologis anak. “Sayangilah anak-anak kita” :)

ESRB 2


No Response to "Mengenal rating sebuah game yang akan dimainkan"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi