Khutbah Jum’at – 20090109

Rasululloh SAW membagi manusia ke dalam 2 kelompok, yakni

1. Kelompok yang hidup hanya untuk memenuhi keinginan diri dan hawa nafsu. Dia diperbudak oleh kegemerlapan dan kemewahan dunia. Kehidupannya di muka bumi ini hanya untuk memenuhi hajat dan melampiaskan kesenangan hawa nafsunya.

Jika berhasil, dia merasa puas dan bangga. Sebaliknya, dia akan memaki, mencela, menghardik, dan menggerutu.

2. Kelompok yang hidupnya sesuai dengan tuntunan dan ajaran dalam rangka menegakkan kebenaran dan keadilan. Aktivitas hidupnya digunakan untuk mengabdi, berjuang dan berkorban tanpa pamrih, serta tidak dilandasi nafsu dan keinginan untuk mencari popularitas.

Ia berbuat baik tanpa peduli apakah akan disukai atau dicaci maki, dan tidak merasa bangga dengan keberhasilan yg diperolehnya.

Rasululloh SAW bersabda,“Celaka orang yang diperbudak oleh dinar, diperbudak oleh dirham, diperbudah oleh perut. Jika diberi ia diam, dan jika tidak iberi ia marah dan menggerutu. Beruntunglah seorang hamba yang memegang tali kendali kudanya di tengah jalan ALLOH sementara rambutnya kusut dan kakinya berdebu. Jika ia ditugaskan menjaga benteng pertahanan, maka tugas itu dilaksanakannya dengan sebaik-baiknya, dan jika ia diberi tugas menyediakan minuman, tugas itupun dilaksanakannya.” (HR Muslim)

No Response to "Khutbah Jum’at – 20090109"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi