Khutbah Jum’at – 20081121

Kaum muslim masih ada yang berselisih mengenai pengertian siapa sebenarnya “Ahlul Kitab”. Perselisihan terjadi karena adanya sudut pandang yang berbeda dalam memahami makna istilah tersebut.

Ada yang menyatakan bahwa Ahlul Kitab adalah para penganut agama Yahudi dan Kristen. Sementara ada juga yang berpendapat bahwa semua umat beragama yang mempunyai kitab (suci) bisa dimasukkan sebagai Ahlul Kitab. Dengan demikian, Hindu, Budha dan agama lain juga termasuk, asalkan mempunyai kitab suci.

Beberapa ayat di Al Qur’an yang menyatakan istilah Ahlul Kitab adalah sebagai berikut:

* Al Baqarah(2):105,“Orang-orang kafir dari Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tiada menginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Tuhanmu. Dan Allah menentukan siapa yang dikehendaki-Nya (untuk diberi) rahmat-Nya (kenabian); dan Allah mempunyai karunia yang besar.”
* Al Maidah(5):68,“Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu”. Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.”

Kaum muslim diperbolehkan menikahi Ahlul Kitab, dalam hal ini pemeluk Yahudi dan Kristen. Namun perlu diingat, pernikahan berbeda keyakinan ini hanya boleh jika pihak laki-laki Islam, sementara pihak perempuan boleh Yahudi atau Kristen.

No Response to "Khutbah Jum’at – 20081121"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi