Jaringan Komputer untuk Rumah dan Kantor Yang Murah

Sebuah Jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer (atau perangkat) yang terhubung untuk tujuan berbagi data (file), printer, koneksi internet, dll komputer ini dapat dihubungkan dengan jarak dekat atau ribuan mil jauhnya.

Perangkat yang menghubungkan jaringan komputer bersama-sama disebut “node”. Setiap simpul diberikan sendiri “alamat MAC” Media Access Control atau nomor yang membedakan setiap node dalam jaringan. Alamat MAC ini memungkinkan situs web untuk mengidentifikasi komputer Anda ketika Anda melihat halaman web.

PC yang terhubung bersama-sama menggunakan antarmuka jaringan. Card ini tertanam dalam motherboard atau PCI untuk kartu tambahan. Penghubung port pada interface ini kadang-kadang dapat keliru untuk jack telepon biasa tapi sedikit lebih besar. Sambungan dibuat menggunakan kabel khusus yang dikenal sebagai “CAT5″ kabel.

Menghubungkan jaringan di berbagai kecepatan dan ada sekitar tiga kecepatan yang berbeda yang berhubungan dengan jaringan komputer rumah. Pertama, ada 10Mbps (megabit per detik), selanjutnya 100Mbps dan yang paling baru, 1Gbps (gibabit per detik). komputer Sekarang 10/100/1000Mbps dipasang dengan adapter yang memungkinkan mereka untuk menyambung ke 10Mbps, 100Mbps atau jaringan 1Gbps.

Dalam jaringan komputer node yang berbeda dapat saling berhubungan langsung, tetapi mereka biasanya terhubung melalui penggunaan sebuah “hub” atau “switch”. Sebuah saklar yang lebih disukai karena memungkinkan kontrol yang lebih besar dari informasi yang melewati itu.

Pada jaringan yang lebih besar, perangkat ini disebut router. Perangkat ini mengurangi atau menghilangkan kesalahan transmisi dan kendali yang lebih baik menunjukkan aliran data melalui jaringan.

Pada dasarnya, ada dua kelas utama jaringan – Client / Server dan Peer-to-Peer (P2P). Sebelumnya jaringan-jaringan klien / server, namun peer-to-peer telah mendapatkan popularitas.

Client/Server Network

Dalam klien / server jaringan, maka komputer klien meminta informasi dari komputer server yang menyimpan data pada jaringan. Server PC selalu siap untuk mengeluarkan data yang diminta oleh klien komputer pada jaringan. Contoh terbesar klien / server jaringan yang diilustrasikan ketika kita menjelajahi Internet. PC Anda kemudian disebut sebagai klien PC ketika Anda meminta sebuah Website dari PC server di Internet. PC server mengarahkan isi website ke browser web Anda untuk melihat.

Peer-to-Peer Network

Jaringan komputer Peer-to-peer tidak memerlukan klien dan server terpisah PC. Setiap simpul dalam sebuah peer-to-peer jaringan dapat berfungsi sebagai klien atau server. Ini adalah jaringan khusus yang beroperasi dengan bantuan dari jaringan lain seperti Internet. Sangat berfungsi untuk berbagi file audio dan file video.

Jaringan Komputer – Pengembangan Ethernet

Ethernet dikembangkan oleh Xerox dengan beberapa bantuan dari Intel dan sebuah perusahaan bernama pada Desember tahun 1976. Ethernet adalah standar IEEE 802.3 untuk jaringan dan merupakan standar untuk LAN (local area network). Sering kali, Anda adaptor jaringan komputer disebut sebagai Ethernet adapter atau kartu Ethernet.

Dalam pengantar pada 1980-an, itu menjanjikan kecepatan hingga 10Mbps. Berikutnya adalah 100BaseT atau menyarankan FastEthernet kecepatan hingga 100Mbps. Saat ini, kita memiliki Gigabit Ethernet yang memungkinkan kecepatan hingga 1.000 Mbps. di masa depan, akan mencapai 10 Gigabit Ethernet!

Type Dari Jaringan

Disini anda beberapa type jaringan yang berbeda :

  • Jaringan dengan menggunakan Line telepon rumah atau kantor
  • Power Line, dengan menggunakan kabel listrik di rumah
  • Jaringan Eternet dengan menggunakan kabel Cat5
  • Jaringan Komputer Nirkabel berarti ‘tanpa kabel’ karena semua komputer dalam jaringan siaran informasi mereka satu sama lain menggunakan sinyal radio.

Anda dapat Membuat kombinasi nirkabel dan kabel Jaringan Komputer

Jika rumah atau kantor Anda telah menggunakan kabel jaringan, anda dapat menambahkan router wireless yang murah atau jalur akses untuk memperoleh jaringan nirkabel di daerah lain.


Data masuk ke DSL / modem kabel. Dari sana, wireless router mengambil data dan perpecahan di antara komputer yang terhubung ke sana.

Jika Anda menggunakan kabel bukannya DSL untuk jaringan komputer Anda, Anda akan mengganti saluran telepon dengan sambungan kabel. Komputer-komputer yang terhubung juga dapat mengakses data dari satu sama lain menyediakan mereka fasilitas ‘file sharing’ yang harus diaktifkan. Untuk jaringan wired (Ethernet), setiap komputer harus dilengkapi dengan Network Interface Card (NIC). Untuk jaringan nirkabel, setiap komputer harus dilengkapi dengan adaptor jaringan nirkabel.

Disini Saya coba dengan Linksys WMP54G 54Mbps 802.11g Wireless PCI Adapter.

Linksys Wireless-G PCI digunakan di sebagian besar desktop dan memungkinkan Anda meletakkan komputer Anda di mana saja di digunakan, tanpa biaya dan kerumitan untuk menjalankan kabel jaringan. Sekarang Anda tidak perlu pengeboran lubang di dinding dan memanjat Anda melalui loteng atau ruang bawah tanah untuk bisa terhubung ke jaringan.

Setelah Anda terhubung, Anda dapat tetap berhubungan dengan e-mail, akses Internet, menggunakan instant messaging untuk chatting dengan teman-teman, dan berbagi file dan sumber daya lain seperti printer dan penyimpanan jaringan dengan komputer lain di dalam jaringan.

Jaringan Komputer Dual-Band Wireless PCI Adapter

A Dual-Band adaptor kartu PCI nirkabel memungkinkan komputer notebook Anda untuk berkomunikasi dengan jaringan nirkabel sekarang sudah standar dan juga mempersiapkan Anda untuk memasuki era masa depan.

Dual-Band kartu PCI menghubungkan dengan 2,4 GHz, jaringan nirkabel 802.11b hari ini hadir dalam komputer rumah dan bisnis dan juga semakin besar dengan 5GHz, 802.11a jaringan yang kini menyebar di seluruh negeri. Dual-kartu Band 152-bit mendukung enkripsi data dengan demikian menjaga komunikasi jaringan komputer nirkabel aman.

802.11a standar yang hampir 5 kali lebih cepat daripada 802.11b tetapi belum populer. Penggunaannya meningkat terutama di mana koneksi kecepatan yang lebih tinggi diperlukan.

Menghubungkan dua atau lebih Komputer menggunakan Network Interface Cards (NIC)

Jika Jaringan Anda memiliki lebih dari dua komputer, Anda perlu sebuah hub untuk menghubungkan komputer lain ke komputer Host. Sebagai contoh, jika Anda memiliki dua komputer Jaringan bersama dengan Host komputer, Anda akan memerlukan 2-port Hub untuk menghubungkan dua komputer ke komputer Host. Anda dapat melihat disini

Jika anda menggunakan hanya dua komputer jaringan, Anda tidak perlu sebuah hub, Anda hanya akan perlu sebuah CAT5 kabel “crossover” bersama dengan Network Interface Card (NIC) untuk setiap komputer.



No Response to "Jaringan Komputer untuk Rumah dan Kantor Yang Murah"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi