Google Books

Gagasan tentang Buku Google pertama kali disusun pada tahun 2002 ketika sekelompok kecil programmer Google mulai merenungkan pertanyaan tentang berapa banyak jam waktu orang yang diperlukan untuk memindai setiap buku yang pernah ditulis. Kita masih belum tahu jawaban yang benar untuk pertanyaan ini walaupun hanya delapan tahun dari gagasan konsepsi sekarang ada lebih dari 10 juta buku katalog dalam database mereka.

Sementara scan pertama dilakukan secara manual pada 300 halaman buku dalam waktu 40 menit untuk memproses, Google sekarang menggunakan kamera mampu memindai dengan kecepatan 1.000 halaman per jam dan juga bekerja dengan 20.000 mitra penerbit yang menyediakan konten secara langsung. Mereka juga telah mampu memberikan lebih dari 1 juta buku yang dapat dibaca secara penuh dari depan ke belakang; ini karya tak terbatas baik buku yang telah jatuh dari hak cipta atau yang telah disediakan dengan seizin penerbit.

Serta hanya mengamati buku-buku, Google melakukan OCR (Optical Character Recognition) pada halaman, sehingga mengubahnya menjadi teks murni yang dapat dimasukkan dalam database mereka. Akibatnya ketika Anda melakukan pencarian Google sekarang Anda tidak hanya kembali dari hasil website yang relevan tetapi juga istilah pencarian Anda diperiksa terhadap perpustakaan meliputi jutaan buku dan pertandingan yang tepat disarankan untuk membaca lebih lanjut.

Integrasi ke Google Search engine berarti anda harus sudah sengaja menemukan Buku Google tetapi jika Anda belum dan sangat ingin menjelajahi maka Buku Google dapat ditemukan dengan mengunjungi situs Google Book langsung. Menjadi layanan Google, layanan ini benar-benar gratis dan malah dibayar untuk minimal melalui sejumlah link sponsor yang sama sekali tidak mengganggu atau merusak layanan.

Dari situs Buku Google ini anda bisa melakukan pencarian, menambahkan buku ke perpustakaan virtual Anda atau mengatur koleksi Anda dalam cara yang logis. Pencarian untuk sebuah buku dan kemudian mengkliknya kemudian membuka sebuah antarmuka yang memungkinkan Anda untuk melihat secara langsung baik scan halaman dari buku. Teks biasa ini kemudian dapat disalin dan diteruskan ke aplikasi lain atau hanya dicetak untuk membaca secara offline.

Hak cipta buku yang masih di bawah perlindungan menikmati berbagai keterbatasan akses dan langkah-langkah keamanan yang membatasi jumlah halaman yang dapat dilihat membuat pengalaman agak mirip dengan yang mampu membolak-balik beberapa halaman pertama di perpustakaan atau toko buku. Meskipun perlindungan ini ada diduga sejumlah tuntutan hukum telah cukup besar yang dikeluarkan oleh individu dan penerbit; beberapa dengan keluhan-keluhan sah dan yang lain hanya mencari uang atau publisitas.

Mungkin kasus yang paling menonjol adalah antara The Authors Guild, industri penerbitan dan Google yang dihasilkan dalam Google setuju untuk suatu penyelesaian pada 28 Oktober 2008. dalam hal ini mereka membayar total $ 125 juta tidak hanya untuk membayar biaya pengadilan para penggugat, tetapi juga menciptakan hak Buku Registry yang akan mengumpulkan dan menyalurkan pendapatan yang dihasilkan oleh semua situs pihak ketiga seperti Google yang menyediakan konten berdasarkan isi buku tercakup oleh kesepakatan.

Diamping isu-isu ini, secara keseluruhan sangat luar biasa karena perusahaan yang relatif baru ini telah mampu menawarkan semacam hadiah yang luar biasa kepada dunia. Dengan Google Buku kita memiliki potensi untuk melestarikan abad keaksaraan manusia bekerja untuk generasi yang akan datang serta mempromosikan dan ketersediaan penyebaran pengetahuan di antara semua kelompok dan semua golongan orang.

No Response to "Google Books"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi