pengertian Telnet dan Ghoper

1. Telnet (Remote Login)

Telnet adalah aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalnya komputer kita sudah terhubung ke internet dan kita tahu alamat server tujuan, maka dengan menjalankan telnet kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah - perintah di server tersebut seolah - olah kita sedang berada dilokasi yang sama dengan server tersebut. Padahal mungkin saja kita sedang berada di belahan dunia yang lain.


Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke catalog terpasang (online catalog) dari perpustakaan - perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke internet. Dengan menggunakan catalog terpasang tersebut kita seolah - olah sedang berada di dalam perpustakaan yang bersangkutan, mampu menelusuri koleksi yang dimiliki perpustakaan itu.

2. Ghoper

Ghoper adalah suatu system di mana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Ada perbedaan ghoper dengan web, kalu ghoper tidak bisa menampilkan gambar melainkan hanya berupa teks.

Ghoper saat ini sudah dapat diakses dengan aplikasi yang sama dengan www, yaitu menggunakan browser. Kita bahkan dapat saja berpindah dari suatu www keg hoper tanpa disadari. Misalnya saat kita sedang membuka suatu homepage di internet dan kita tertarik untuk mengklik suatu informasi yang tampil di layar. Tiba - tiba saja kita sudah dibawa ke suatu tampilan baru dalam bentuk menu yang ternyata adalah ghoper.

No Response to "pengertian Telnet dan Ghoper"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi