Membangun Apache Web Server (Linux Ubuntu)

Membangun Apache Web Server (Linux Ubuntu)

Web atau World Wide Web (www) merupakan salah satu layanan internet yang paling popular. Berbagai hal dapat “ditampilkan” dihalaman web. Mulai dari teks, gambar, video, music dan sebagainya. Protocol bernama HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) bertanggung jawab menangani proses komunikasi antara client Web (browser) dan Web Server.
Ketika user mengetikan alamat server Web situs pada kotak Address atau URL (Uniform Resource Locator) dan menekan “enter” maka Web Browser akan mencoba melakukan koneksi ke sebuah Web Server. Browser meminta (Request) sebuah halaman web dan kemudian menampilkan hasilnnya.
Pada pembahasan kali ini adalah tentang Apache Web Server. Apache selama bertahun-tahun menjadi pilihan pengguna linux. Disamping bersifat open source, Apache mudah dikonfigurasi, performa dan keamanan cukup baik, dan tersedia berbagai modul tambahan yang dapat menambah kemampuan Apache. Apache memerlukan server DNS karena proses konversi hostname menjadi IP address dilakukan oleh server DNS. Untuk penjelasan selanjutnya tetang bagaimana membagun Apache Web Server akan dijelaskan pada dibawah ini.

Konfigurasi Apache Web Server (dalam artikel ini menggunakan linux Ubuntu 7.10)
Instalasi web server apache dengan perintah berikut:

$ sudo apt-get install apache2

Konfigurasi virtual hosting

$ sudo ln-s / etc/apache2/mods-available/vhost_alias.load \ \ / etc/apache2/mods-enabled/

Untuk membolehkan modul untuk bekerja, ada beberapa perubahan yang perlu dibuat untuk / etc/apache2/apache2.conf untuk menonaktifkan nama-nama kanonik, mengubah konfigurasi logfile dan menentukan di mana host virtual Anda akan berlokasi. Menambah atau mengubah pengaturan yang ada untuk mencocokkan berikut:

# Mendapatkan nama server dari Host: header
UseCanonicalName Off
# include nama server dalam nama file yang digunakan untuk memenuhi permintaan VirtualDocumentRoot / var / www / vhosts / www.obc.com / web
VirtualScriptAlias / var / www / vhosts / www.obc.com / cgi-bin

Kemudian edit file di / etc/apache2/httpd.conf dengan kode berikut:


ServerName obc.com
DocumentRoot /var/www/vhosts/www.obc.com/web
ErrorLog /var/log/apache2/error.log


Buat direktori yang akan diteruskan pada virtual host:

$ sudo mkdir /var/www/vhosts

Membuat Kerangka virtual server:

$ sudo mkdir –p /var/www/vhosts/skeleton/cgi-bin
$ sudo cp –a /var/www/apache2-default /var/www/vhosts/skeleton/web

Restart apache2, sehingga perubahan konfigurasi diterapkan:

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Anda sekarang siap untuk membuat nama-based virtual host dengan cara menyalin kerangka untuk hostname yang anda inginkan untuk meresponnya. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah server virtual baru untuk www.obc.com (bisa sesuai dengan nama domain anda), Anda akan cukup menjalankan:

$ sudo cp –a /var/www/vhosts/skeleton /var/www/vhosts/www.obc.com

Setiap koneksi HTTP dilakukan pada server dengan Host: header set ke www.obc.com sekarang akan direspon keluar dari server virtual. Untuk membuat virtual host dapat diakses oleh pengguna lain, Anda akan perlu menambahkan entri yang sesuai di server DNS yang dapat diakses publik dan memiliki domain yang didelegasikan untuk itu, tetapi untuk tes lokal cepat Anda dapat mengedit /etc/ hosts dan tambahkan entri mirip dengan:

127.0.0.1 www.obc.com

ok, kalau sudah sampai tahap ini konfigurasi selsei..

No Response to "Membangun Apache Web Server (Linux Ubuntu)"

Poskan Komentar

Powered by Blogger | Blogger by Blog Nu Hahi